JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jurus Jitu Hindari Utang Usai Liburan Bersama Keluarga

01 April 2018, 04:15:59 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Jurus Jitu Hindari Utang Usai Liburan Bersama Keluarga
ilustrasi utang (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Usai menjalankan tanggal merah yang panjang kemarin, kebanyakan masyarakat memilih untuk berlibur bersama keluarga. Namun permasalahan kembali datang setelah liburan, terutama bagi yang tidak dapat mengelola keuangan. Salah satunya, masalah yang paling sering muncul adalah utang

Mengutip dari situs financialku.com, ada lima strategi cara menghindari utang setelah selesai liburan.

1. Buat Catatan Pengeluaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah catat semua pengeluaran saat Anda liburan. Bandingkan dengan anggaran (budget) yang sudah Anda buat sebelum liburan. Jika memang berlebih, maka Anda mau tidak mau harus menggunakan anggaran dari pos lain (alias Anda harus menghemat pengeluaran lainnya). Jika memang ada sisa dari anggaran, belanjakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang lebih produktif (menabung dan berinvestasi). Dengan cara ini Anda akan tetap memiliki kontrol atas keuangan Anda.

2. Selesaikan Masalah Utang untuk Liburan

Apakah Anda menggunakan utang untuk pergi berlibur? Sebenarnya kami tidak merekomendasikan utang untuk pergi berlibur. Jika terpaksa liburan dengan menggunakan utang entah KTA, Kartu Kredit, Utang teman, Utang koperasi dan utang lainnya segera selesaikan. Kenapa? Sangat tidak bijak, Anda sudah selesai liburan, Anda sudah selesai senang-senang tetapi sekarang Anda masih harus membayar cicilan utang. Hati-hati salah menentukan cicilan. Mau untung malah jadi bisa buntung.

3. Gunakan Kartu Kredit Untuk Bayar, Bukan Berutang

Apakah Anda menggunakan kartu kredit selama liburan? Jika ya gunakan kartu kredit sebagai alat bantu pembayaran, bukan alat untuk utang. Misal Anda menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan bonus airmiles, atau diskon di tempat makan. Segera bayar tagihan kartu kredit kemarin. Biasanya orang-orang menunda pembayaran tagihan kartu kredit untuk bulan depan (alias nunggu nanti setelah ada tagiihan baru). Kenyataannya bulan depan akan ada pengeluaran lainnya, yang harus Anda keluarkan. Khusus untuk pengeluaran liburan, sebaiknya segera bayar tagihan kartu kredit Anda.

4. Tetap Jaga Dana Darurat, Jika Liburan Kemarin Sempat Menggunakan Dana Darurat

Apakah teman-teman kemarin sempat menggunakan dana darurat (emergency fund) selama liburan? Jika teman-teman menggunakan dana darurat, bukan hal yang dilarang kok. Yuk sekarang dikembalikan dana daruratnya, segera tambah (top up) dana darurat Anda. Ingat dana darurat untuk teman-teman yang sudah berkeluarga adalah 9 sampai 12 kali pengeluaran bulanan. Jangan sampai kosong ya dana daruratnya, karena kalau Anda tidak memiliki dana daurat, risikonya besar.

5. Dapat Ide Inspiratif Jual Oleh-Oleh Liburan

Jika liburan kemarin membeli barang untuk dijual kembali, tidak ada salahnya. Justru itu adalah cara kreatif agar uang untuk liburan kemarin bisa balik. Anda bisa memanfaatkan media sosial (Facebook, Instagram) atau website Tokopedia, BukaLapak.com untuk menjual barang-barang tersebut.

Pastikan Keuangan Anda Tetap Sehat Setelah Pulang dari Berlibur

Pastinya liburan selalu membawa cerita dan suka cita untu Anda dan keluarga. Tetapi jangan sampai suka cita tersebut berujung menderita karena kesalahan-kesalahan dalam mengelola dan mengontrol keuangan. Semoga tips – tips di atas dapat membantu Anda mengelola keuangan setelah pulang dari liburan. Selamat beraktivitas kembali.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up