alexametrics

Sandiaga Uno Tebar Janji Gratiskan Tarif Pajak UMKM 2 Tahun

Ini Penjelasan Ditjen Pajak
1 Maret 2019, 17:17:10 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Presiden 02 Sandiaga Uno akan membebaskan tarif pajak bagi pelaku usaha UMKM selama dua tahun. Hal itu disampaikan bertujuan untuk meringankan beban pelaku usaha supaya bisa melebarkan sayap usaha mereka.

Berapa besaran tarif pajak dalam aturan pajak UMKM saat ini? Pemerintah melalui PP Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan Dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang memiliki Peredaran Bruto Tertentu sudah memangkas tarif Pajak Penghasilan (PPh) UMKM beromzet Rp 4,8 miliar per tahun dari 1 persen menjadi 0,5 persen.

Kebijakan itu sudah berlaku sejak 1 Juli 2018 lalu. Adapun, tarif itu berlaku selama 4 tahun bagi Wajib Pajak Badan berbentuk Koperasi, Persekutuan Komanditer atau Firma sedangkan Wajib Pajak Badan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) berlaku selama 3 tahun. Dan 7 tahun buat WP pribadi.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama menerangkan PPh Final 0,5 persen itu opsional.

“WP boleh tidak mengikuti skema tersebut tetapi sesuai  ketentuan umum yang berlaku dengan menyelenggarakan pembukuan, sehingga besarnya PPh dihitung berdasarkan laba riil dan tarifnya tarif umum progresif sesuai Pasal 17 UU PPh. Jadi kalau rugi juga tidak perlu membayar PPh, kata Hestu kepada JawaPos.com, di Jakarta, Jumat (1/3).

Ia menerangkan skema tarif 0,5 persen itu sudah murah dan sangat sederhana dalam pelaksanaannya. Ditambah adanya opsi untuk mengikuti skema pajak umum. Saat ini, sudah ada 2 juta WP UMKM yang telah membayar PPh Final secara rutin. 

“Jumlah ini akan bertambah terus setelah tarifnya kita turunkan dari 1 persen menjadi 0,5 persen bulan Juni 2018 lalu. Mereka bersedia membayar pajak karena ingin berkontribusi secara riil dalam pembangunan negara ini,” terangnya.

Sebelumnya, diberitakan JawaPos.com, Sandiaga berjanji seandainya terpilih, dirinya akan memberikan keringanan pajak bagi pelaku UMKM. Salah satunya pembebasan pajak selama dua tahun pertama.

Hal itu didasari oleh dialognya dengan warga dalam acara Mentoring Bisnis OK OCE Penciptaan Lapangan kerja di Jawa Tengah, Kamis (28/2). Salah satu pegiat UMKM, Mela, meminta agar Sandi memberikan keleluasan pajak kepada para pelaku UMKM.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Uji Sukma Medianti


Close Ads
Sandiaga Uno Tebar Janji Gratiskan Tarif Pajak UMKM 2 Tahun