alexametrics

Penerapan Tarif Bagasi Pesawat LCC Akan Dorong Inflasi Februari 2019

1 Februari 2019, 13:23:35 WIB

JawaPos.com – Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi penerapan tarif bagasi di luar harga tiket pesawat Low Cost Carrier (LCC) akan memicu inflasi pada Februari 2019. Untuk Januari, angkutan udara sudah menyumbang inflasi sebesar 0,02 persen. Dengan diterapkannya tarif bagasi, maka harga tiket bukan tidak mungkin juga akan naik.

“Harga bagasi naik, harga tiket akan berpengaruh,” kata Suhariyanto, di Kantor BPS, Jakarta, Jumat (1/2).

Kepala BPS Suhariyanto mengungkapkan, BPS belum bisa mentaksir penerapan tarif bagasi tersebut akan memberi andil seberapa besar terhadap inflasi bulan depan.

Pasalnya, hingga kini tidak semua pesawat menerapkan tarif bagasi. Selain itu, harga tiket pesawat di berbagai maskapai pun berbeda-beda.

“Yang menerapkan bagasi hanya tertentu saja. Lalu, total penerbangan di Indonesia juga berpengaruh,” tuturnya.

Pemerintah melalui pasal 22 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri membolehkan maskapai menerapkan tarif bagasi kepada penumpangnya.

Maskapai Lion Air, sudah lebih dulu memberlakukan bagasi berbayar pada 8 Januari 2019. Lalu, Citilink Indonesia yang juga berencana akan menerapkan bagasi berbayar pada 8 Februari 2019.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Uji Sukma Medianti


Close Ads
Penerapan Tarif Bagasi Pesawat LCC Akan Dorong Inflasi Februari 2019