alexametrics

Ini Poin yang Dibahas Kemenhub Dalam Kajian Kebijakan Bagasi Berbayar

1 Februari 2019, 13:53:55 WIB

JawaPos.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan kajian bersama para stakeholder terkait kebijakan bagasi berbayar. Sebab penerapannya menimbulkan polemik di masyarakat.

Kasubdit Sistem Informasi dan Layanan Angkutan Udara, Putu Eka Cahyadi mengatakan, ada beberapa poin yang dikaji terkait kebijakan bagasi berbayar. Pertama, pihaknya ingin memastikan ketersediaan sumber daya manusia (SDM).

“Kemudian peralatan pendukung yang digunakan, apakah sudah memenuhi, apakah timbangan terkalibrasi, katakan lah seperti itu, atau alat check in sudah sesuai, alat untuk tap-in bagasinya sudah tersedia, nah itu juga kita cek,” ujarnya di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (1/2).

Ketiga, pihaknya juga ingin memastikan peralatan pendukung kebijakan bagasi berbayar yang digunakan oleh maskapai. “Apakah sudah memenuhi, apakah timbangan terkalibrasi, katakan lah seperti itu, atau alat check in sudah sesuai, alat untuk tap-in bagasinya sudah tersedia, nah itu juga kita cek,” tambahnya.

Selanjutnya, Kemenhub ingin memastikan kesiapan maskapai dalam mengurai kepadatan antrian saat mengurus bagasi berbayar. Polana juga menginginkan agar pihak maskapai aktif dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai media. 

“Terakhir kita juga meminta bagainana mereka mengkoordinasikan perubahan ini ke internal mereka, tentu ada dampak secara internal serta stakeholder secara eksternal yang juga harus diinformasikan baik di penyelenggara bandara maupun di kantor otrotias bandara maupun unit penyelenggara bandara,” jelas dia.

Jika semua aspek tersebut sudah siap dan terpenuhi, lanjut Polana, maka pihaknya akan memberikan persetujuan kepada maskapai untuk menerapkan kebijakan bagasi berbayar.

“Jika hal tersebut sudah sesuai baru kita memberikan persetujuan proses administrasi,” tandasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Hana Adi

Ini Poin yang Dibahas Kemenhub Dalam Kajian Kebijakan Bagasi Berbayar