JawaPos Radar | Iklan Jitu

Faisal Basri Kritik Jokowi: Sudah Impor, Harga Pangan RI Masih Tinggi

14 Februari 2019, 19:02:24 WIB
Faisal Basri Kritik Jokowi: Sudah Impor, Harga Pangan RI Masih Tinggi
Ekonom UI Faisal Basri (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ekonom Senior Faisal Basri mengkritik pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) soal kebijakan impor pangan. Menurutnya, kebijakan itu dianggap tidak memberi dampak signifikan terhadap penurunan harga pangan.

Dia mencontohkan untuk harga beras, berdasarkan data Bank Dunia per Janauari 2019, rata-rata harga beras Thailand A1 sebesar USD 387 per ton atau Rp 5.418 per kg. Sementara, di Indonesia sebesar Rp 13 ribu-15 ribu per kg.

Tidak hanya itu, harga gula dunia saat ini juga masih Rp 3.920 per kg. Sedangkan, di Indonesia harganya mencapai tiga kali lipat dari harga dunia, yakni mencapai Rp 12 ribu-15 ribu per kg.

"Tolong dibedakan harga yang masih mahal ini dibandingkan dengan negara lain. Kalau kita lihat, di dunia turun kita juga sudah turun, dunia naik ya kita naik. Persoalannya adalah kesenjangan di dunia," ujarnya dalam diskusi di Resto Rantang Ibu, Jakarta, Kamis (14/2).

Untuk mengatasi perbedaan harga tersebut, lanjut Faisal, perlu reformasi kebijakan dari pemerintah. Salah satunya adalah dengan meningkatkan distribusi logistik lewat jalur laut.

Selama ini, distribusi melalui jalur darat dianggap kurang efektif bagi para pengusaha. Ditambah lagi, harga tol dalam negeri juga masih mahal.

"Kalau enggak gitu kita akan kalah bersaing dengan produk lain," pungkasnya.

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : Hana Adi

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up