alexametrics

AS Serahkan 100 Ventilator dan Dana Rp 187 M

30 Juli 2020, 04:04:06 WIB

JawaPos.com – Amerika Serikat (AS) menyerahkan bantuan 100 ventilator kepada Indonesia. Kedubes AS menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis kepada pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri, Selasa (28/7).

Kuasa Usaha Sementara (KUA) Kedubes AS di Jakarta Heather Variava menuturkan, ventilator produksi Vyaire Medical itu merupakan tahap pertama dari 1.000 unit ventilator yang dijanjikan sebelumnya. Penyaluran akan dilangsungkan secara bertahap hingga Agustus 2020.

’’Seratus ventilator ini diharapkan dapat membantu merawat pasien-pasien Covid-19,’’ ujarnya.

Donasi ventilator itu, lanjut dia, mencerminkan komitmen jangka panjang AS untuk bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia. Termasuk bekerja menuju pembukaan kembali perekonomian Indonesia yang aman. Selain ventilator, AS telah mengucurkan USD 11 juta atau sekitar Rp 187 miliar untuk membantu tanggapan Covid-19 Indonesia. Bantuan disalurkan dalam beberapa bentuk seperti peningkatan kapasitas laboratorium, pengawasan penyakit, serta kapasitas mempercepat deteksi dan pelacakan kasus.

Sebagai informasi, penyaluran ventilator itu merupakan tindak lanjut dari pembicaraan kedua presiden, Donald Trump dan Joko Widodo, melalui sambungan telepon pada 24 April 2020. Pengiriman yang ditargetkan Juni tertunda hingga akhirnya diserahkan Selasa (28/7).

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mia/c15/agm



Close Ads