alexametrics

Australia Sumbang 100 Ventilator Noninvasif

26 Juli 2020, 04:04:48 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Australia menyerahkan bantuan berupa 100 ventilator noninvansif kepada Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Indonesia. Bantuan tersebut senilai AUD 2 juta atau sekitar Rp 19,4 miliar. Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan mengatakan, langkah tersebut adalah bentuk komitmen Australia untuk mendukung percepatan respons penanganan pandemi di Indonesia.

”(Kami harapkan) bisa membantu staf medis garis depan untuk menyelamatkan nyawa serta mendukung staf laboratorium dengan pasokan penting,” kata Quinlan dalam penjelasan resmi Jumat (24/7).

Menurut dia, pandemi Covid-19 sangat memengaruhi kawasan Indo-Pasifik dan Australia. Khususnya dalam bidang ekonomi dan kesehatan. Meski demikian, Quinlan menyatakan akan terus bekerja sama dan berdampingan dalam perang melawan Covid-19.

Ventilator dan pasokan medis tersebut merupakan bagian dari paket respons Covid-19 dari pemerintah Australia senilai AUD 21 juta (Rp 203,7 miliar) untuk Indonesia. Dana itu merupakan tambahan dari pengalihan program untuk penanggulangan Covid-19 senilai hampir AUD 45 juta dari program pembangunan Indonesia senilai total AUD 298,5 juta.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : han/c7/agm



Close Ads