alexametrics

Karpowership Indonesia bersama PLN Donasi Rp 1 Miliar

21 Mei 2020, 00:52:04 WIB

JawaPos.com – Kontribusi dunia usaha mendukung pemerintah untuk merawat pasien dan memutus rantai penyebaran Covid-19 terus meningkat. Salah satunya, dilakukan oleh PT Karpowership Indonesia (KPI) melalui PT PLN (Persero) yang memberi donasi berupa alat perlindungan diri (APD) dan ventilator darurat dengan total nilai sekitar Rp 1 miliar.

Dalam surat Nomor 0188/KLH.05.03/10400/2020, PLN Persero mengundang KPI untuk bekerja sama dalam penyaluran bantuan terhadap tenaga medis di situasi pandemik Covid-19. Bantuan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama, KPI akan mendonasikan 1.000 alat perlindungan diri (APD). Sedangkan pada tahap kedua, KPI akan mendonasikan mesin ventilator darurat, sehingga total nilai donasi secara keseluruhan bernilai sebesar 1 miliar.

“Kami turut prihatin dengan wabah Covid-19 yang melanda Indonesia. Banyaknya jumlah pasien Covid-19 membuat kami tergerak untuk memberi bantuan yang diperlukan kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19.” ujar Direktur Regional Karpowership Indonesia Mehmet Ufuk Berk di Jakarta, Senin (18/5).

Ufuk berharap dengan bantuan APD dapat mengurangi risiko paparan virus bagi tenaga medis, sedangkan ventilator darurat sangat diperlukan rumah sakit dalam membantu pasien Covid-19. Menurutnya, bantuan tersebut sangat diperlukan kondisi saat ini mengingat kebutuhannya masih sangat cukup banyak dalam membantu merawat pasien.

Selain itu, manajemen Karpowership Indonesia juga menjalankan protokol kesehatan anti Covid-19 dalam melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19. Baik di lingkungan kerja kantor pusat maupun seluruh kru yang bertugas mengoperasikan kapal pembangkit listrik Karpowership Indonesia di berbagai wilayah. Saat ini, protokol kesehatan tersebut telah diterapkan kepada karyawan termasuk kru dan teknisi yang bertugas di kapal dan dipastikan tidak ada yang terjangkit Covid-19.

Ufuk menjelaskan, penyusunan protokol tersebut telah dilakukan pada periode awal merebaknya wabah Covid-19 di dunia, dengan proses sosialisasi yang semakin diperkuat dan telah dijalankan dengan baik. Hingga kini seluruh kapal pembangkit listrik beroperasi dengan normal dan tidak ada hambatan kendati merebaknya virus Covid-19 di Indonesia.

Selama ini Karpowership Indonesia sebagai perusahaan pembangkit listrik terapung selalu mendukung PLN di berbagai wilayah dalam menyalurkan bantuan dalam membantu pemerintah menangani musibah di Tanah Air. Sebelumnya Karpowership Indonesia telah memberikan bantuan berupa paket tenda serta kebutuhan pokok di Palu disalurkan melalui Baznas dan di wilayah Ambon yang terkena musibah gempa bumi tahun lalu.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : Agus Wirawan



Close Ads