alexametrics

Serahkan Bantuan Logistik Rp 2 Miliar

20 Juli 2020, 18:06:32 WIB

JawaPos.com – Belum tuntas penanganan kasus Covid-19, warga Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, harus menghadapi banjir bandang pada pekan lalu. Sebanyak 14.483 orang kini tinggal di lokasi pengungsian.

Pemerintah yang diwakili Kementerian Sosial memastikan bahwa seluruh kebutuhan masyarakat terdampak banjir bandang di Masamba terpenuhi. Menteri Sosial Juliari P. Batubara meminta bupati memastikan kebutuhan apa saja yang mendesak bagi masyarakat. ’’Ibu-bapak sekalian tidak perlu ragu komitmen Presiden Jokowi dalam mewujudkan negara hadir membantu warga di setiap bencana seperti di Luwu Utara ini. Bupati tidak perlu sungkan atau ragu jika membutuhkan tambahan bantuan dari kami. Kami siap menambah,’’ ujar Juliari saat menyerahkan santunan korban meninggal di kantor bupati Luwu Utara akhir pekan lalu.

Kebutuhan pengungsi yang paling mendasar saat ini, kata Juliari, adalah makanan dan air bersih. Untuk itu, dia memastikan dapur umum yang dioperasikan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) tidak akan berhenti memasak makanan buat para pengungsi. ’’Saya perintahkan Tagana memasak secara maksimal. Dapur umum yang saya tinjau ini dipastikan terus melayani suplai makanan,’’ imbuhnya.

Hingga saat ini, bantuan pemerintah mencapai Rp 2 miliar. Jumlah tersebut terdiri atas bantuan logistik, peralatan kebersihan, dan santunan korban meninggal. Berdasar data badan penanggulangan bencana daerah, jumlah korban meninggal yang telah ditemukan dan teridentifikasi mencapai 32 orang. Sebanyak 16 orang lainnya masih dicari.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : bg/JPG/c19/agm



Close Ads