alexametrics

Bantuan APD untuk Nakes di Ambon

18 Mei 2020, 04:00:08 WIB

JawaPos.com – Tenaga kesehatan (nakes) di seluruh penjuru tanah air tengah berjuang memerangi Covid-19. Termasuk para nakes di bagian timur Indonesia. Mereka pun membutuhkan perhatian sekaligus support perlengkapan medis. Sabtu (16/5) gerakan untuk membantu nakes di timur Indonesia itu digagas Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS).

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UKWMS Prof Paul Tahalele menuturkan, pihaknya menerima informasi kebutuhan alat pelindung diri (APD) untuk nakes di RSU dr Haulussy Ambon yang meningkat. Hal itu seiring dengan bertambahnya jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di sana. ’’Sejak akhir Maret hingga sekarang, rumah sakit itu merawat 72 pasien korona. Dari situ kami berinisiatif mengirimkan sejumlah APD,’’ terangnya.

Total APD yang didonasikan, antara lain, terdiri atas 500 masker, 100 face shield atau pelindung wajah, 100 hazmat, 100 pasang sarung tangan, 100 glasses, dan 10 kotak sarung tangan lateks. Penyerahan APD di UKWMS kampus Dinoyo itu diterima perwakilan masyarakat Maluku di Surabaya, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ambon, dan perwakilan FK Universitas Pattimura.

’’RSU dr Haulussy Ambon merupakan RS kelas B yang jadi pusat rujukan pasien Covid-19 untuk Provinsi Maluku. Tentu bantuan ini akan sangat berguna untuk dimanfaatkan para nakes dalam merawat pasien yang angkanya terus bertambah,’’ ungkap dr Amanda Manuputty yang mendampingi masyarakat Maluku di Surabaya


Demi Keselamatan Tim Medis

FRIZAL/JAWA POS

Stok alat pelindung diri (APD) yang terbatas mengancam keselamatan tim medis yang bertugas di lapangan. Koordinator Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DPW Nasdem Vinsensius Awey prihatin dengan kondisi tersebut. ’’Mereka berinteraksi dengan banyak orang di rumah sakit. Nyawa mereka dipertaruhkan,’’ ucap anggota DPRD Kota Surabaya periode 2014–2019 itu. Bantuan APD diserahkan pengurus DPP Nasdem Dossy Iskandar kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Grahadi. (riq)


Ajak Berdonasi Menu Sehat

WARINGIN HOSPITALITY FOR JAWA POS

Mengusung gerakan Dari Hati Saling Berbagi #1For1ForIndonesia, Waringin Hospitality Hotel Group mengajak berdonasi dalam bentuk nasi kotak menu sehat. Untuk setiap pembelian nasi boks, pihak hotel melipatgandakan jumlahnya dengan menu yang sama untuk dibagikan ke panti asuhan, pekerja harian, dan petugas medis. (ama)


Kirim Beras, Gula, dan APD

PEMKOT SURABAYA FOR JAWA POS

Pemerintah Kota Surabaya mendapat bantuan 5 ton beras, 2 ton gula, dan 2 ribu alat pelindung diri (APD) dari PT Kebon Agung Surabaya. Donasi diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya, Kamis (14/5). ’’Kami di lingkungan pabrik gula. Kebetulan ini yang dibutuhkan masyarakat. Semoga bisa membantu,’’ kata Direktur Utama PT Kebon Agung Sudibyo. (jun)


Pasang Wastafel di 30 Titik

YAYASAN AL KAHFI FORO JAWA POS

Sebagai salah satu upaya memutus rantai persebaran Covid-19, sarana cuci tangan sangat dibutuhkan. Yayasan Al Kahfi memberikan wastafel untuk masyarakat di Gubeng Kertajaya dan Juwingan. Ada 30 titik pemasangan hasil diskusi dengan RT dan RW yang disambut antusias oleh warga. (fam)

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hay/c19/nor



Close Ads