alexametrics

BNPB Bantu Pemprov Jatim, Mesin PCR Permudah Uji Lab di Daerah

17 Juni 2020, 19:42:02 WIB

JawaPos.com – Pemprov Jatim menerima bantuan mesin PCR (polymerase chain reaction) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk diteruskan ke 10 rumah sakit (RS). Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono menyerahkan secara simbolis mesin PCR tersebut ke sejumlah perwakilan 10 RS di Gedung Grahadi, Surabaya, Senin (15/6).

Mesin PCR akan membantu proses tes masal yang sedang berlangsung. Uji laboratorium bisa semakin cepat. Tim gugus tugas di daerah bisa mendeteksi pasien positif Covid-19 dengan cepat.

Heru mengatakan, dengan tersedianya mesin PCR, uji sampel tidak perlu dilakukan di Surabaya lagi. ’’Cukup di daerah,’’ ujarnya. Pendeteksian pasien Covid-19 sejak dini sangat penting. Penanganan pasien bisa lebih awal. Peluang untuk sembuh pun menjadi lebih besar.

Sepuluh RS yang mendapatkan bantuan adalah RSUD Sidoarjo, RSUD Kota Kediri, RSUD Bangkalan, RSUD Probolinggo, RSUD Trenggalek, RSUD Bondowoso, RSUD Ibnu Sina Gresik, RSUD dr Subandi Jember, RSUD Madiun, dan RSUD Malang.


Bagikan 10 Ribu Paket Makanan

BNI FOR JAWA POS

Bank BNI melalui BNI Kanwil Bali Nusra yang mengoordinasi operasional di area kerja Bali, NTB, dan NTT menyalurkan bantuan 10 ribu paket makanan kepada petugas medis di sejumlah RS yang terdampak Covid-19. Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali Nusra I Made Sukajaya mengatakan, bantuan tersebut dikemas dalam bentuk Program BNI Berbagi. ’’Program ini digulirkan sebagai bentuk dukungan BNI terhadap program-program kemanusiaan ke pemerintah bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,’’ kata Sukajaya. (*/c7/agm)


Dana CSR untuk Tim Medis

LAZISMU

PT Paragon Technology and Innovation (Wardah) menyalurkan dana CSR sebesar Rp 100 juta kepada Lazismu di kantor PW Muhammadiyah (PWM) DIJ kemarin (15/6). Bantuan itu diserahkan secara simbolis dengan dihadiri pengurus PWM, Muhammadiyah Command Center Covid-19 (MCCC) DIJ, Lazismu DIJ, dan perwakilan Wardah. Dana CSR tersebut bakal disalurkan untuk membantu penanganan Covid-19, terutama untuk pejuang medis (tenaga medis) di rumah sakit dan klinik Muhammadiyah di DIJ. (*/c7/agm)


Donasi APD ke RS Bhayangkara

YPHB FOR JAWA POS

Sebanyak 800 alat pelindung diri (APD) dan 800 masker N95 dari Yayasan Pelangi Hidup Bersama (YPHB), UBS Gold, UK Petra, dan pembaca Jawa Pos diserahkan ke RS Bhayangkara Surabaya. Bantuan sejenis juga diserahkan untuk RS Bhayangkara Porong. Donasi tersebut merupakan bagian dari bantuan 16 ribu APD dan 16 ribu masker N95 yang dibagikan kepada 22 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jatim. (*/c7/agm)

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : riq/c7/agm



Close Ads