alexametrics

Strategi Pemerintah Dukung Pemulihan Dunia Kerja Pasca Covid-19

11 Maret 2022, 09:00:20 WIB

JawaPos.com – Meskipun masih dalam situasi pandemi, pemerintah mendukung penuh pemulihan dunia kerja akibat pandemi Covid-19. Upaya yang dilakukan berorientasi pada manusia atau Global Call to Action for a Human Centred Recovery. Hal ini sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo baru-baru ini.

“Dimana salah satunya ialah menciptakan lingkungan kerja formal maupun informal yang aman dengan percepatan vaksinasi baik bagi tenaga kerja maupun keluarganya,” Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Berkaitan dengan itu, pada program vaksinasi nasional saat ini cakupan untuk dosis pertama di Indonesia sudah sudah cukup tinggi. Capaiannya sudah diatas 90%. Dengan itu, harusnya ada keberlanjutan vaksinasi dosis penuh.

Sehingga dapat mengoptimalisasi perlindungan tubuh dari penularan virus maupun perkembangan gejala berat atau kritis. “Diharapkan populasi berisiko seperti lansia dapat menerima vaksinasi terlebih dahulu,” jelas Wiku.

Disisi lain Presiden Joko Widodo juga menyampaikan bahwa setidaknya sudah dilakukan 4 upaya. Yakni menciptakan lingkungan kerja yang aman dengan menggencarkan program vaksinasi Covid-19 bagi para tenaga kerja dan keluarga secara gratis. Serta menguatkan jaring perlindungan sosial sebagai bagian program pemulihan ekonomi Nasional.

Selain itu juga dengan bekerja sama menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan keberpihakan dan inovasi yang pro-manusia, dan kemudian memperkuat daya saing pekerja dalam menghadapi tantangan dunia pada masa mendatang, salah satunya melalui pendidikan literasi digital.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads