Rabu, 25 Apr 2018
baliexpress
icon featured
Bali

Komisi IV Minta Dinas Pendidikan Persiapkan PPDB Sejak Dini

Selasa, 17 Apr 2018 12:11 | editor : I Putu Suyatra

Komisi IV Minta Dinas Pendidikan Persiapkan PPDB Sejak Dini

RAKER : Komisi IV DPRD Tabanan menggelar raker dengan Dinas Pendidikan, Senin (16/4). (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, TABANAN – Agar tidak terjadi permasalahan seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, Komisi IV DPRD Tabanan meminta kepada Dinas Pendidikan Tabanan bersama Dewan Pendidikan Tabanan dan Klinik Pendidikan Tabanan untuk mempersiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara maksimal.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPRD Tabanan, I Made Dirga dalam rapat kerja bersama OPD terkait, Senin kemarin (16/4). Dirinya menegaskan jika PPDB mutlak disiapkan sedini mungkin, sehingga PPDB di Tabanan bisa berjalan dengan baik. “Juga agar pelaksanaannya tidak terjadi permasalahan, sehingga kami mendorong agar persiapan lebih matang daripada tahun sebelumnya,” tegasnya.

Terlebih, PPDB dengan system zonasi bisa terbilang cukup rumit, namun pihaknya menilai dengan system zonasi yang sudah berjalan, banyak sekolah-sekolah yang sebelumnya sering tidak kebagian siswa kini bisa bernafas lega karena mendapatkan siswa sesuai yang diharapkan. “Jadi bagaimana PPDB dengan system zonasi ini bisa berjalan lancar, baik, dan membuat pihak sekolah maupun siswa nyaman,” imbuhnya.

Pihaknya pun tidak menamfik jika persiapan PPDB yang dilakukan sejak dini agar tak lagi ada persoalan siswa siluman ataupun siswa titipan. Namun apabila terjadi permasalahan nantinya, pihaknya tentu akan menelusuri hal tersebut. Menurutnya, masyarakat juga perlu diberikan pemahaman agar tidak memaksakan kehendak agar anaknya untuk sekolah di sekolah tertentu sehingga ada sekolah yang menerima siswa melebihi kuota. “Kalau membludak kan siswa sendiri yang tidak nyaman, intinya pemerintah menginginkan yang terbaik untuk pendidikan kita di Tabanan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Tabanan, I Gede Susila mengatakan jika pihaknya saat ini tengah mempersiapkan berbagai hal untuk PPDB. Meskipun system zonasi di tahun 2017 lalu sudah berjalan cukup baik, namun ia tetap akan mengevaluasi untuk dapat menerapkan system tersebut lebih baik lagi. “Kita berusaha semaksimal mungkin,” ujarnya. 

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia