Rabu, 17 Jan 2018
baliexpress
icon featured
Politik

Pastika Tak Mau Jadi Jurkam Paket Mantra-Kerta

Sabtu, 13 Jan 2018 08:00 | editor : I Putu Suyatra

Pastika Tak Mau Jadi Jurkam Paket Mantra-Kerta

GUBERNUR BALI: Made Mangku Pastika mengaku tidak mau jadi jurkam paket Mantra-Kerta dalam Pilgub Bali 2018. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, DENPASRA - Gubernur Bali Made Mangku Pastika adalah politisi Demokrat, dengan jabatan Dewan Pembina di DPP Demokrat. Namun ketika disinggung terkait kemungkinan menjadi jurkam (juru kampanye) di pasangan Mantra – Kerta (IB Rai D Mantra – Ketut Sudikerta), Pastika menolak secara halus dengan mengatakan dirinya memilih untuk netral.

Sikap ini disampaikan ketika beberapa awak media bertanya terkait dengan kemungkinanjadi jurkam Mantra – Kerta. Lantaran Mangku Pastika menjadi politisi Demokrat yang mengusung Mantra – Kerta.

“Ya saya memang Dewan Pembina, tapi jika urusan jadi Jurkam, ya, saya netral saja dah,” ujar Mangku Pastika usai acara pelantikan dan mutasi pejabat di Pemprov Bali, Jumat (12/1). Memang jika melihat kebelakang, beberapa kebijakan Gubernur dan Walikota Rai Mantra memang ada friksi. Hingga disebut - sebut hubungan Walikota Denpasar dan Gubernur Bali ini renggang.

Selain terkait dengan jurkam, Gubernur Bali Made Mangku Pastika juga mengingatkan agar ASN (Aparatur Sipil Negara) menjaga netralitas terkait dengan Pilgub Bali tahun 2018. “Kami harapkan ASN menjaga netralitas. Menjaga netralitas yang dimaksud adalah tidak berpolitik praktis, kemudian tidak memihak. Namun tidak boleh juga golput,” jelasnya.

Baginya ASN, ini tidak punya hak dipilih, namun punya hak memilih. Beda halnya dengan TNI/Polri yang memang tidak punya hak pilih dan tidak punya dipilih. “Jadi ASN itu harus netral namun tetap mengunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani dan pilihan. Tidak diarahkan - arahkan dan lainnya,” harap Mangku Pastika.

Jika memang nanti terbukti tidak netral, ada sanksi tegas. Bahkan sanksi terberat bisa dipecat. “Sanksi terberat bisa dipecat,” tegas mantan Kapolda Bali dan Kalakhar BNN ini. 

(bx/art/ima/bay/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia