Selasa, 16 Jan 2018
baliexpress
icon featured
Bisnis

Wow! Kapal Pesiar Ukuran Jumbo Merapat di Celukan Bawang

Rabu, 13 Dec 2017 11:55 | editor : I Putu Suyatra

Wow! Kapal Pesiar Ukuran Jumbo Merapat di Celukan Bawang

TERBESAR: MV. Genting Dream Cruise mengangkut ribuan wisatawan mengujungi Buleleng, Rabu (13/12). (I PUTU MARDIKA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, GEROKGAK - Pariwisata Bueleng kembali bergeliat,  di tengah lesunya industri pariwisata akibat erupsi Gunung Agung. Angin segar itu datang setelah Kapal Pesiar berukuran jumbo bernama MV. Genting Dream Cruise mengangkut ribuan wisatawan mengujungi Buleleng.

Kapal pesiar berbendera Bahamas itu lego jangkar di Pelabuhan Barang Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak,  pada Rabu (13/12) sekitar pukul 07.30 wita. Dengan panjang kapal mencapai 335 meter tersebut mampu membawa crew sebanyak 1879 orang, serta mengangkut wisatawan sebanyak 2599 orang. 

Ribuan wisatawan yang tiba di Dermaga Laut Celukan Bawang disambut dengan hiburan tradisonal. Mereka disambut dengan tarian Panyembrama yang disiapkan oleh Dinas Pariwisata Buleleng.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Buleleng Nyoman Sutrisna mengungkapkan kedatangan kapal pesiar Genting Dream Cruise memang sudah dipersiapkan sejak jauh hari.  Pasalnya selain merupakan kapal terbesar dibandingkan dengan beberapa kapal pesiar yang perna berlabuh,  jumlah wisman yang diangkut juga lumayan banyak.

"Ini promosi yang sangat bagus untuk Pariwisata di Buleleng. Meski tidak menginap,  para turis ini akan menikmati DTW yang ada di Buleleng. Kami berharap biar mereka bisa melihat langsung keindahan alam Buleleng dan datang kembali ke Buleleng," kata Kadispar Sutrisna saat ditemui usai melakukan penyambutan

Ribuan turis itupun sudah diagendakan mengunjungi beberapa destinasi di Buleleng dalam sehari.  Tour ke beberapa tempat diantaranya Krisna Water Sport, DTW Munduk, mengunjungi Patung Dolphin di Lovina, Pulau Menjangan, Danau Buyan, Ulun Danu Beratan, Candikuning serta City Tour di kawasan Singaraja. 

"Mereka tidak bermalam.  Tetapi menghabiskan sehari penuh di Buleleng. Kapal dijadwalkan berlabuh satu hari, dan direncanakan berlayar menuju Singapura pada pukul 18.00 nanti," jelasnya.

Sementara itu General Manajer Pelindo III Celukan Bawang, Made Rusli Suryajaya mengungkapkan kapal Genting Dream Cruise merupakan kapal pesiar terbesar yang pernah masuk Celukan Bawang.  Karena panjangnya mencapai 335 meter,  akhirnya kapal ini tidak bisa nyandar di dermaga yang hanya berukuran 270 meter saja.

"Kapal Genting Dream ini merupakan kapal terbesar yang pernah masuk Celukan Bawang. Karena panjang dermaga hanya 270 meter,  tentu tidak bisa menampung kapal yang berukuran 335 meter. Solusinya ya para wisman naik boat untuk mencapai daratan," ujar Made Rusli Suryajaya.

Terkait pengamanan, puluhan personil kepolisian dari Polsek Kawasan Laut Celukan Bawang serta Satuan Polisi Air Polres Buleleng di back up TNI-AL turut dikerahkan untuk melakukan pengamanan kunjungan Kapal Pesiar MV. Genting Dream Cruise tersebut. 

(bx/dik/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia