Sabtu, 16 Dec 2017
baliexpress
icon featured
Bali

PN Tabanan Luncurkan Pelayanan Berbasis IT

Rabu, 25 Oct 2017 11:21 | editor : I Putu Suyatra

PELUNCURAN : Ketua Pengadilan Tinggi Bali bersama undangan saat peluncuran Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Pelayanan Berbasis IT, Selasa (24/10).

PELUNCURAN : Ketua Pengadilan Tinggi Bali bersama undangan saat peluncuran Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Pelayanan Berbasis IT, Selasa (24/10). (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, TABANAN - Pengadilan Negeri (PN) Tabanan melaunching Info Perkara Pengadilan Negeri Tabanan yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh masyarakat. Melalui aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui informasi mengenai perkembangan perkara maupun proses peradilannya.

Hal itu diungkapkan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tabanan, I Wayan Gede Rumega Selasa (24/10) kemarin. Pihaknya melaunching pelayanan dengan sistem berbasis teknologi yakni Aplikasi Info Perkara Pengadilan Tabanan yang bisa diunduh melalui android, sms gate away, whats app dan sistem informasi penelusuran perkara. 

“Dengan beberapa aplikasi ini masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi mengenai perkembangan perkara yang sedang ditangani PN Tabanan, dimana saja dan kapan saja serta tentu saja menghemat waktu,” ujarnya dalam acara yang dirangkai dengan peresmian Kenaikan Status PN Tabanan menjadi I B, Selasa kemarin (24/10) bertempat di Kantor PN Tabanan, Jalan Pahlawan, Tabanan.

Ditambahkannya, pihaknya juga meluncurkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dimana dengan pelayanan tersebut masyarakat atau para pencari keadilan akan dipermudah urusannya dalam hal dengan waktu yang lebih efisien. Dimana sebelumnya dalam mengurus perkara bisa menghabiskan waktu hingga 2 jam, karena masyarakat harus mencari petugasnya langsung. Namun kini mengurus satu perkara paling lama hanya membutuhkan waktu 30 menit.
 “Pelayanan terpadu satu pintu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada pencari keadilan tanpa menyita banyak waktu dan tenaga. Seluruh proses pendaftaran perkara  dapat dilaksanakan di satu area dalam waktu yang singkat. Karena seluruh proses perkara dilaksanakan disatu area ada sistem IT yang mengatur,” papar Rumega. 

Diharapkan model pelayanan ini semakin memudahkan masyarakat dalam mencari keadilan sekaligus meningkatkan profesionalisme, transparansi, akuntabilitas dan efiesiensi dalam pelayanan pendidikan. Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi Bali I Ketut Gede, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tabanan, OPD Tabanan, Camat dan Perbekel.  

(bx/ras/ima/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia