Senin, 23 Oct 2017
baliexpress
icon featured
Balinese

Pura Wulakan, Tempat Memohon Kesembuhan dan Keturunan

Kamis, 12 Oct 2017 15:28 | editor : I Putu Suyatra

Pura Wulakan, Tempat Memohon Kesembuhan dan Keturunan

BALI EXPRESS, MENGWI - Yang disebutkan sebagai Pura Taman Sari di Pura Dang Kahyangan Taman Sari Mengwi adalah pura yang tempat stana Ida Bhatara memuja Ida Sang Hyang Widhi oleh keturunan Ida bhatara Dhang Hyang Nirartha dan Ida Bhatara Dang Hyang Dwijendra. Pura ini terletak di Banjar Alengkajeng Desa Adat Mengwi

Sedangkan lokasi mata air yang pertama kali ditemukan oleh Dang Hyang Nirartha yang disebut dengan Pura Wulakan, saat ini masih tetap ada di belakang Pura Taman Sari, Pura Wulakan ini saat ini berfungsi sebagai tempat pesucian memuja Ida Sang Hyang Widhi oleh keturunan Ida bhatara Dhang Hyang Nirartha dan Ida bhatara Dang Hyang Dwijendra ketika piodalan. “Di Wulakan inilah Ida Bhatara disucikan ketika piodalan,” kata Pemangku Pura Dang Kahyangan Taman Sari Mengwi, Mangku Nyoman Raka Wijaya.

Saat ini selain berfungsi sebagai tempat pesucian Ida Bhatara, Pura Wulakan ini juga menjadi tempat melukat bagi umat Hindu dan juga menjadi tempat memhon kesembuhan bagi umat yang sedang sakit, khususnya untuk penyakit non medis.

Pengelukatan yang dilakukan di Pura Wulakan ini menggunakan tirta dari yang bersumber dari wulakan atau mata air yang ada di bawah pohon beringin yang usianya sudah mencapai ratusan tahun.

Selain untuk memohon kesehatan, khususnya untuk penyakit non medis, Pura Wulakan ini juga didatangi umat untuk memohon keturanan. “Banyak umat yang datang ke pura ini untuk melukat dan memohon keturunan, dari yang datang sudah terbukti pasangan tersebut bisa hamil dan punya keturunan,” lanjut Mangku Raka.

Untuk melukat di Pura Wulakan ini, Mangku Nyoman menyebutkan umat yang ingin melukat cukup membawa banten pejati alit sebagai sarana melukat. Pengelukatan di pura ini dilakukan di jaba sisi pura wulakan atau areal terluar dari pura Wulakan. Setelah melakukan pengelukatan, selanjutnya umat bisa melakukan persembahyangan di Pura Taman Sari yang berlokasi di atas Pura wulakan.

Tentang Pura Taman Sari

1.     Diempon oleh krama Banjar Alengkajeng, Desa Adat Mengwi

2.     Pura ke 9 dari kisah perjalanan Ida Bhatara Dhang Hyang Nirartha

3.     Ada sejak tahun saka 1411 atau tahun 1489 Masehi

4.     Piodalan pada Purnama Kapat (purnama bulan oktober).

5.     Dipercaya untuk memohon Kesembuhan dan Keturunan 

(bx/gek/art/bay/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia