alexametrics
Asian Games 2018

Pelatih dan Atlet Layar Keluhkan Kesiapan Alat dan Fasilitas

31 Agustus 2018, 21:00:51 WIB

JawaPos.com – Pelatih timnas layar Indonesia I Wayan Sujana mengakui bahwa ia dan para atlet mengalami kendala dalam persiapan menghadapiu Asian Games 2018. Peralatan para atlet seperti perahu maupun layar boleh dikatakan sangat mengecewakan.

“Persiapan kita sangat mepet, fasilitas yang diinginkan tidak nyaman. Contohnya ya yang dipakai ini (menunjuk layar, Red). Datangnya baru seminggu yang lalu. Bagaimana mau adaptasi,” jelasnya di Venue Sailing, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (31/8).

Menurutnya, kondisi atlet layar Indonesia jauh berbeda dengan negara lain. Wayan mengatakan bahkan beberapa negara menyiapkan tiga alat untuk satu atlet, sehingga dapat memilih jika salah satu alat mengalami kendala.

“Kalau layar itu kelihatannya sama memang tapi lekuk itu beda, boat juga demikian. Kalau datangnya terlambat, pasti akan susah menyesuaikan diri,” terangnya.

Menurut Wayan, jika ingin bisa bersaing, para atlet harus ada try out dengan sokongan peralatan yang mumpuni. Uang saku yang dibayar secara rutin tanpa keterlambatan juga penting sehingga atlet tidak dibebani dengan pikiran untuk memenuhi kehidupannya.

“Gizi atlet harus bagus, hotelnya perlu diperhatikan, agar kesehatannya terjaga. Sekarang bukannya jelek, tapi kurang. Uang saku usahakan juga on time lah. Masa mereka harus permasalahkan yang begitu,” jelasnya.

Senada dengan Wayan, salah satu atlet layar asal Kalimantan Timur, Nenni Marlini mengatakan peralatan yang datang dalam waktu lama membuat para atlet layar tidak siap menghadapi lawan-lawan yang biasa berkompetisi di kelas dunia.

Nenni yang bertanding di nomor mixed RS one bersama Ridwan Ramadan harus finis di urutan 4 dengan total 117 poin.

“Kalau mau beli alat jangan seminggu dekat pertandingan. Kan beda rasanya. Saya kurang adaptasi, idealnya 1-2 bulan sebelum event lah datangnya,” ungkap Nenni.

Editor : Banu Adikara

Reporter : (rgm/JPC)

Pelatih dan Atlet Layar Keluhkan Kesiapan Alat dan Fasilitas