alexametrics
Asian Games 2018

Nenni dan Ridwan Hanya Finis Posisi Empat, Layar Tidak Dapat Medali

31 Agustus 2018, 20:16:08 WIB

JawaPos.com – Indonesia harus kembali menahan pil pahit dari cabang olahraga layar. Pasalnya, atlet-atlet layar Indonesia belum mampu mempersembahkan medali karena beberapa alasan.

Pelatih Layar Nasional, I Wayan Sujana menyampaikan pengaruh angin cukup besar dalam pertandingan nomor mixed RS one yang diawaki Nenni Marlini dan Ridwan Ramadan. Nenni dan Ridwan gagal memboyong medali setelah hanya finis di urutan 4 dengan 117 poin. Menurutnya hal ini jauh dari perkiraan.

“Anginnya sangat kencang 15 knot jadi kita nggak bisa menunjukkan apa-apa. Atlet kita sudah berusaha yang terbaik, tapi hanya bisa urutan ke-4 jadi tidak bisa menyalip posisi 3 karena anginnya kencang sekali,” tuturnya di Venue Sailing, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (31/8).

Wayan memang melihat para atlet lemah dalam posisi start karena di air tidak ada tumpuan, itulah yang membuat sulit terlebih ombak besar. Selain angin, postur tubuh para atlet juga mempengaruhi dalam mengarahkan layar.

“Mereka kurang berani, jadi ya harus lebih berani. Sesudah itu kita harus bisa lebih banyak latihan dalam gelombang tinggi, karena di start tidak ada pijakan jadi nggak bisa diam. Kita targetkan medali sebenarnya di mixed RS one dapat perunggu, karena kalau emas atau perak belum berani. Tapi cuma dapat posisi empat,” imbuh Wayan.

Evaluasi ke depan, Wayan ingin memperbaiki pola latihan para atlet agar bisa lebih siap di ajang SEA Games 2019, Manilla, Filipina. Dirinya akan menekankan latihan yang lebih, sebab latihan sejauh ini hanya dilakukan di Indonesia.

Untuk regenerasi ke depannya, Wayan melihat memang tidak mudah mencarinya. Sebab, layar hanya diminati para warga dari pesisir sedangkan atlet di kota hanya ingin main di indoor. “Di layar tidak ada penonton, kena matahari, kulit hitam, panas, bertandingnya juga berat lawannya manusia dan alam. Susah cari yang mau,” ungkapnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : (rgm/JPC)

Nenni dan Ridwan Hanya Finis Posisi Empat, Layar Tidak Dapat Medali