alexametrics
Asian Games 2018

Pencak Silat Masih Bisa Dipertandingkan di Asian Games 2022

29 Agustus 2018, 21:21:01 WIB

JawaPos.com – Chef de Mission Asian Games 2018 Komjen Pol Syafruddin menyatakan sedang melakukan koordinasi terkait nasib cabang olahraga pencak silat di Asian Games 2022 yang akan dihelat di Hangzhou, Tiongkok. Ia berharap pencak silat masih bisa dipertandingkan.

Untuk diketahui, Indonesia mendominasi dalam cabang olahraga pencak silat di Asian Games 2018. Hal ini sudah terlihat sejak kualifikasi dimana 14 nomor sukses meluncur ke babak final dari 16 nomor. Para wakil yang lolos pun menyapu bersih semua medali emas, sementara dua medali emas lainnya direbut Vietnam.

Jumlah ini sekaligus mendongkrak target perolehan emas Indonesia. Hanya menargetkan 16 medali emas, tambahan 14 emas dari pencak silat membuat Indonesia kini mengoleksi 30 medali emas.

Dengan pencapaian tersebut, Syafruddin pun berharap cabang ini bisa kembali dipertandingkan empat tahun mendatang di Negeri Tirai Bambu.

“Buat pencak silat di Tiongkok masih ada pembicaraan intensif. Sudah ada titik terang, mudah-mudahan tetap ikut,” kata Syafruddin di Main Press Center, JCC Senayan, Jakarta, Rabu (29/8).

Menurut Syafruddin, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah melakukan koordinasi dengan Olympic Council of Asia (OCA) untuk membahas lebih lanjut hal ini. Selain pencak silat, Syafruddin juga berharap sport climbing juga bisa kembali diikutkan di Asian Games 2022.

“Kita tunggu dalam beberapa hari kedepan terus diperjuangkan, termasuk sport climbing,” katanya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : (isa/JPC)

Pencak Silat Masih Bisa Dipertandingkan di Asian Games 2022