JawaPos Radar

Asian Games 2018

Ayu Suka Memanjat dan Bergelantungan Sejak Kecil

28/08/2018, 09:30 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Asian Games 2018, Panjat Tebing, Indonesia, Medali Emas, Aries Susanti Rahayu
Ayu bersama tim putri Indonesia saat menerima pengalungan media emas (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Aries Susanti Rahayu merupakan salah satu atlet panjat tebing Indonesia yang mempersembahkan medali emas dalam nomor beregu. Bersama Puji Lestari, Rajiah Salsabila, dan Fitriyani tim putri Indonesia berhasil mencatat waktu 25,45 detik, mengalahkan Tingkok di final karena foul start (FS) dalam nomor speed relay putri.

Ayu - begitu dia disapa, menyimpan keunikan yang terus diingatnya. Ibu Ayu, Maryati, 47, menceritakan bahwa putri bungsunya tersebut mulai menggeluti hobi panjat tebing sejak kelas 2 SMP. Ayahnya bekerja sebagai guru olahraga.

Menurutnya, Ayu sejak kecil sudah hobi memanjat dan bergelantungan. Bahkan, hampir setiap hari, Ayu bergelantungan di pintu.

"Meski suka bergelantungan dan suka manjat pohon, Ayu tidak pernah jatuh," kata Maryati kepada JawaPos.com, Senin (27/8) malam WIB.

Ayu pun akhirnya memutuskan untuk menjadi atlet panjat tebing. Maryati mengaku, selama Ayu menjadi atlet, dia sangat bersyukur atas torehan prestasi putri ketiganya tersebut karena telah membanggakan bangsa Indonesia.

Maryati pun tak masalah Ayu jarang pulang. Karena harus melewati kerasnya latihan di Pelatihan Nasional (Pelatnas). "Sejak jadi atlet Ayu jarang pulang karena ikut pelatnas," ujarnya.

Meski begitu, hal itu tak membuat sang ibu sedih. Dirinya maklum karena atlet memang harus berlatih keras untuk meraih prestasi. Dia pun bangga karena anaknya bisa mempersembahkan medali emas dalam beregu putri.

"Alhamdulillah, Ayu berhasil mendapatkan medali emas bersama timnya," pungkas Maryati.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up