JawaPos Radar

Bola Basket

Cetak 28 Poin, Clarkson Jadi Penyebab Kekalahan Filipina dari Tiongkok

21/08/2018, 19:26 WIB | Editor: Agus Dwi W
asian games 2018
Aksi Jordan Clarkson tak cukup untuk membawa Filipina kalahkan Tiongkok. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tim basket putra Filipina dipaksa menelan kekalahan atas tim basket putra Tiongkok. Dalam pertandingan di Grup D cabor basket 5x5 ini, Filipina sudah diperkuat pemain klub NBA, Cleveland Cavaliers. Sayang, Jordan Clarkson justru menjadi penyebab kekalahan tipis Filipinan 80-82 dari Tiongkok. di Hall A Basket Gelora Bung Karno, Selasa (21/8).

Pada kuarter pertama, Tiongkok terlihat mampu menekan Filipina. Permainan agresif Zhou Qi mampu membawa timnya unggul di kuarter pertama dengan skor 20-12 untuk Tiongkok. Salah satu penampilan impresif Zhou Qi adalah mampu memblok tembakan Clarkson.

Kuarter dua, Filipina mulai bangkit. Jordan Clarkson sudah lebih panas dan mulai banyak mencetak poin. Padahal, eks pebasket LA Lakers ini baru masuk setelah kuarter kedua berjalan lebih dari separuh. Sayang, Clarkson belum mampu membawa Filipina unggul atas Tiongkok. Filipina masih tertinggal dengan skor 31-36 di kuarter kedua.

Tekanan dari penonton Filipina yang mendukung timnya, membuat suasana semakin memanas. Membuat Filipina bangkit pada kuarter ketiga. Beberapa kali Jordan Clarkson menyumbang angka melalui tembakan three point.  Filipina pun berbalik unggul dengan skor 59-57 di akhir kuarter ketiga.

Pada kuarter penentuan, tim Filipina semakin agresif. Namun perjuangan Filipina berakhir buruk pada 13 detik terakhir laga. Saat itu, kedudukan imbang 80-80. 

Sebuah kesalahan fatal dilakukan Clarkson. Dia melanggar Zhao Rui dan berbuah dua tembakan bebas. Dua kesempatan emas itu sukses dilaksanakan dengan baik oleh Zhao Rui. Tiongkok pun menang dengan skor tipis, 82-80 atas Filipina.

Clarkson sendiri mampu mengoleksi 28 poin dan 8 rebound dalam laga ini. Raihan ini masih dibawah Zhou Qi yang mampu mencetak double-double, 25 poin dan 12 rebound. 

Meski kalah, Filipina tetap memimpin klasemen Grup D dengan 3 poin. Disusul Tiongkok dengan raihan 2 poin. Tiongkok bisa menyalip posisi Filipina jika menang atas Kazakhstan di laga terakhir nanti.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up