JawaPos Radar

Asian Games 2018

Timnas U-23 Indonesia Pastikan Tiket ke Babak 16 Besar

20/08/2018, 00:40 WIB | Editor: Irawan Dwi Ismunanto
Timnas U-23 Indonesia, Asian Games 2018, Timnas U-23, TimnasDay,
Striker Timnas U-23 Indonesia, Beto Goncalves, saat laga melawan Laos. (Derry Ridwansyah/Jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Timnas U-23 Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar cabang olahraga sepak bola putra di Asian Games 2018. Kepastian itu dipengaruhi oleh kekalahan Thailand atas Uzbekistan dan Qatar dari Bangladesh di Grup B.

Semula, Indonesia diwajibkan menang atas Hongkong pada laga pamungkas Grup A, Senin (20/8), untuk memastikan tiket ke fase knock-out. Pasalnya, posisi Indonesia di klasemen peringkat tiga terbaik pun belum aman.

Namun, kekalahan Thailand mengubah skenario. Kekalahan Negeri Gajah Putih membuat mereka hanya mengoleksi dua poin dari tiga laga. Sementara skuat Garuda sudah mengoleksi tiga angka dari dua laga (tak menghitung kemenangan atas Laos). Dengan demikian, skuad asuhan Luis Milla digaransi lolos setidaknya sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Timnas U-23 Indonesia, Asian Games 2018, Timnas U-23, TimnasDay,
Suporter dipastikan akan bisa terus mendukung Timnas U-23 Indonesia di fase knock-out Asian Games 2018. (Derry Ridwansyah/Jawapos.com)

Perebutan 4 tim peringkat tiga terbaik sendiri melibatkan enam negara. Di klasemen saat ini, Indonesia terhitung baru bermain dua kali (karena laga kontra Laos, juru kunci Grup A, tidak dihitung). Indonesia berada di urutan teratas klasemen peringkat tiga terbaik dengan 3 poin dengan selisih 3 gol (5 gol dan 2 kebobolan).

Kendati baru dua kali main, jumlah poin dan selisih gol skuat Merah-Putih mustahil dikejar oleh Kyrgyzstan, Myanmar, ataupun Korea Utara yang baru akan bermain besok. Bahkan, Uni Emirat Arab (UEA), Pakistan, dan Thailand, pun tak lagi berpeluang menggusur Indonesia di klasemen peringkat ketiga terbaik.

Selain Indonesia, UEA juga sudah dipastikan lolos. Sementara Thailand dan Pakistan masih mungkin disalip Kyrgizstan, Myanmar, atau Korut, dan gagal lolos.

Jika kalah atau cuma bisa bermain imbang saat melawan Hongkong, Indonesia sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik kemungkian akan bertemu Tiongkok di babak 16 besar. Namun jika menang di laga pamungkas dan lolos sebagai juara Grup A, Skuad Garuda akan bertemu tim peringkat tiga terbaik dari Grup C atau E.

(ira/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up