JawaPos Radar

Opening Ceremony Asian Games 2018

Unik, Pembawa Nama Negara Gunakan Kostum Garuda

18/08/2018, 20:24 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Asian Games 2018, Opening Ceremony, Indonesia, Kostum Garuda
Pembawa nama negara menggunakan kostum Garuda di upacara pembuka Asian Games 2018 (Issak Ramdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Opening Ceremony Asian Games 2018 dimulai tepat pukul 19.00 WIB. Terlebih dahulu ditandai dengan meriah penampilan 1.500 penari Tari Saman yang menyanyikan lagu tradisional salah satunya dari Aceh, Bungong Jeumpa.

Menarik dalam parade atlet. Para perwakilan atlet dari 45 negara 'memperkenalkan diri' di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Ada yang unik saat para kontingen menyapa penonton. Mereka dipimpin oleh pembawa nama negara dengan menggunakan kostum Garuda. Ya, Garuda merupakan lambang negara Indonesia sebagai tuan rumah.

Selain itu, saat kontingen Korea memasuki SUGBK, para atlet mengibarkan bendera unifikasi. Bendera ini melambangkan persatuan Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut). Ya, dalam parade atlet di Opening Ceremony, kedua negara menggunakan satu nama Korea.

Penonton di SUGBK pun langsung bersorak gembira mendukung persatuan kedua negara. Perwakilan pejabat dari kedua negara pun terlihat bergandengan tangan memperlihatkan kekompakan mereka.

Selain dari Korea, saat kontingen Palestina memasuki stadion, penonton langsung bersorak gembira. Dukungan Indonesia untuk Palestina memang tak pernah luntur.

Pembukaan Asian Games 2018 dimulai pada pukul 19.00 malam dan dimeriahkan sejumlah artis, salah satunya Via Vallen. Berbagai rangkaian acara menarik bisa saksikan pada pembukaan ini, baik secara langsung di SUGBK maupun dari layar kaca.

(iml/JPC)

Alur Cerita Berita

Sekali Seumur Hidup, Tuntaskan! 18/08/2018, 20:24 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up