JawaPos Radar

Opening Ceremony Asian Games 2018

Sederet Penyanyi Kumandangkan Keragaman Indonesia Melalui Lagu Daerah

18/08/2018, 21:29 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Sederet Penyanyi Kumandangkan Keragaman Indonesia Melalui Lagu Daerah
Sederet Musisi meriahkan pembukaan Asian Games 2018, dengan menyanyikan lagu daerah yang diiringi dengan tarian daerah. (INASGOC/Wahyudin/pras/18)
Share this image

JawaPos.com - Penyanyi jebolan X-Factor Indonesia, Fatin Shidqia tampil memukau dengan iring-iringan penari di hamparan sawah Indonesia. Setidaknya, itu yang ditampilkan dari Opening Ceremony Asian Games 2018.

Fatin menganyikan lagu Sigulempong dari Tapanuli. Sederet penyanyi lainnya pun melantunkan tembang-tembang khas beberapa daerah di tanah air, dari Sabang sampai Merauke.

Setelah Fatin bernyanyi, Rossa dengan pakaian adat khas Betawi menyanyikan lagu Si Jali Jali yang di-medley dengan lagu daerah Jawa Barat, Manuk Dadali. Dengan senyum merekah Rossa bernyanyi diiringi tari-tarian khas daerah.

Sederet Penyanyi Kumandangkan Keragaman Indonesia Melalui Lagu Daerah
Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang resmi dibuka, pada Sabtu (18/8), di SUBK, Jakarta. (Hendra Eka/Jawa Pos)

Kemudian, suara sopran Wizzy menggema membawakn lagu daerah Jawa, Padang Bulan. Tak kalah seru Gamaliel Audrey Cantika (GAC) tampil ditengah kebun pisang. Mereka membawakan lagu khas daerah Kalimantan Selatan, Ampar Ampar Pisang.

Setelahnya, Kamasean dengan suara emasnya tak mau kalah membawakan lagu khas daerahnya, Minahasa. Lagu Sipatokaan dibawakan Kamasean dengan bergairah sesuai warna gaun yang dipakainya malam itu, yakni berwarna merah.

Rinni Wulandari pun menyanyikan lagu daerah, disusul dengan penyanyi senior Edo Kondologit yang menembangkan lagu khas Papua, Apuse. Lagu terakhir pun ditutup oleh Joey Alexander yang membawakan lagu Melati Suci karya Guruh Soekarno Putra.

Opening Ceremony Asian Games 2018 memang dijanjikan menonjolkan kekayaan Indonesia melalui empat elemen. Di antaranya, elemen air, bumi, angin, dan api. Hal itu pun didukung dengan konsep panggung yang mencerminkan kekayaan alam Indonesia.

(yln/JPC)

Alur Cerita Berita

Sekali Seumur Hidup, Tuntaskan! 18/08/2018, 21:29 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up