JawaPos Radar

Opening Ceremony Asian Games 2018

Opening Ceremony Asian Games Dipantau 300 CCTV dan Pendeteksi Wajah

18/08/2018, 22:40 WIB | Editor: Agus Dwi W
asian games 2018
Kemeriahan Opening Ceremony Asian Games tak lepas dari kerja keras pihak keamanan. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tim pengamanan Pembukaan Asian Games 2018 menurunkan kekuatan terbaiknya untuk memastikan acara berjalan lancar dan aman. Tim keamanan yang terdiri dari Polri dan TNI menyiapkan berbagai peralatan canggih di area Kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan, personel gabungan yang diturunkan jumlahnya sekitar 8 ribu orang yang dibagi dalam empat zona. Selain itu, pengamanan juga diperkuat dengan CCTV berteknologi canggih.

“Area GBK saja sekitar 300 CCTV dengan kemampuan pendeteksi wajah. CCTV itu bisa merekam wajah seseorang dan mengetahui indentitasnya langsung,” kata Tito di MPC Asian Games, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (18/8).

Tidak hanya itu, di kawasan luar bagian GBK pun telah dilengkapi dengan peralatan antiteror yang tersebar di seluruh area GBK. Namun, Tito merahasiakan seluruh titik penempatan peralatan keamanan agar dapat menyapu bersih kegiatan yang mencurigakan.

“Kami juga ada kekuatan antiteror baik dari Polri maupun TNI. Kami tidak bisa sebut di mana lokasinya, yang pasti ada di sekitar GBK.  Lalu ada 80 ambulans dan Damkar yang juga disiapkan kalau ada hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto yang diberikan arahan untuk mengamankan ring satu atau area dalam Stadion Utama GBK, tidak memperkenankan bagi seluruh media untuk menerbangkan drone.

“Kami melarang siapa pun termasuk media menerbangkan drone di area GBK. Kami juga sudah memasang sistem antidrone dengan jarak 1,5 km. Jadi siapa pun yang menerbangkan drone tidak akan bisa masuk ke area tersebut,” tandas Hadi.

(rgm/JPC)

Alur Cerita Berita

Sekali Seumur Hidup, Tuntaskan! 18/08/2018, 22:40 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up