JawaPos Radar

Asian Games 2018

Dikalahkan Korsel, Fictor Roring: Lawan Raksasa itu Nggak Gampang

15/08/2018, 13:24 WIB | Editor: Banu Adikara
Asian Games 2018, basket, Indonesia, Korea Selatan, Thailand, Fictor Gideon Roring
Pelatih timnas basket putra Fictor Gideon Roring (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pelatih timnas basket putra Indonesia Fictor Gideon Roring menuturkan bahwa faktor utama kekalahan mereka dari Korea Selatan adalah karena kesulitan mengimbangi pemain-pemain bertubuh besar yang dimiliki lawan.

Bermain di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Selasa (14/8) malam, Arki Dikania Wisnu dan kawan-kawan dibuat tidak berdaya oleh Korea Selatan dengan skor 65-104 di laga perdana grup A Asian Games 2018. 

Pemain naturalisasi Korea Selatan Ricardo Preston Ratliffe menjadi sosok yang bertanggung jawab dalam mengacak-acak lini pertahanan dalam Indonesia. Bigman berkulit hitam bertubuh tinggi besar itu mengemas total 30 poin.

"Memang melawan (pemain yang punya tubuh, Red) raksasa itu nggak gampang. Pemain lokal kita tidak ada yang punya tubuh sebesar dia, sehingga sangat susah mengimbanginya," kata Ito, sapaan akrabnya.

Ito menuturkan, ia sebetulnya sudah mengantisipasi hal ini sejak masa-masa try out dan training camp timnas basket beberapa bulan lalu. Ito beberapa kali melakukan latih tanding dengan pemain-pemain asing yang punya tinggi tubuh rata-rata 2 meter.

"Waktu tim ini dibentuk, saya meminta agar mereka berlatih dengan pemain yang tinggi besar dan hebat, supaya mereka terbiasa menghadapi lawan yang seperti itu. Tapi dengan kondisi kita tidak punya pemain sebesar itu, memang sulit," kata Roring.

Timnas basket putra Indonesia akan melakoni laga kedua grup A pada Senin (20/8) pekan depan. Mereka akan menghadapi Thailand.

(isa/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up