alexametrics

Saweran Online Di Kanal Indonesia Dance Network

30 April 2020, 02:00:37 WIB

JawaPos.com – Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta dan Indonesia Dance Network bekerjasama dengan Kemendikbud meluncurkan Saweran Online. Program ini adalah cara untuk membuka ruang bagi publik agar dapat ikut membantu para pekerja tari yang kehilangan kesempatan kerja seiring datangnya serbuan Covid-19. Saweran Online berisi beragam pilihan karya tari yang diciptakan seiring berlakunya pembatasan sosial berskala besar kini. Karya-karya itu menjadi pentas virtual dalam kanal Youtube Indonesia Dance Network.

Saweran Online tidak hanya menyajikan karya dari para seniman tari yang kenyang dengan pengalaman panggung. Program ini juga menghadirkan karya dari para pelaku tari di jalur pendidikan yang selama ini tekun mengajar teknik menari di beragam sanggar dan sekolah. ’’Ini adalah ruang yang mempertemukan para pekerja seni dengan penggemar tari,’’ kata Ketua Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta Yola Yulfianti. Beberapa seniman yang hadir dalam program ini antara lain adalah Miroto, Siko Setyanto, Jecko Siompo, Rendy White, Sanggar Ballet Namarina, Bellet.id, Padnecwara, Ballet Sumber Cipta, Marlupi Dance Academy, dan lain-lain.

Saat ini, setidaknya sudah ada 60 video pertunjukan tari di kanal Youtube Indonesia dance Network. Tiap hari ada lima karya baru yang disiarkan di kanal virtual tersebut. Pada video-video tersebut terdapat tautan yang dapat dimanfaatkan publik untuk menyawer. Ide saweran online bertolak dari pola lama interaksi antara penari dan penonton di panggung-panggung pertunjukan Indonesia di mana penonton lazim secara sukarela menyawer kepada penampil di atas panggung.

Warganet yang hendak menonton puluhan karya dalam Saweran Online tidak wajib membayar namun sangat boleh bila ingin menyawer secara sukarela. Sebesar 20 persen dari hasil saweran akan disalurkan untuk penanganan Korona dan sisanya untuk bantuan produksi kepada pencipta karya. Pelaku seni yang ingin menyiarkan karyanya dalam Saweran Online dapat mengirimkan video berikut konsep karya melalui surel indonesiadancenetwork@gmail.com. Karya yang diseleksi Komite Tari sebelum ditayangkan. (tir)

 

 

Editor : tir

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads