alexametrics

Pertunjukan Tari Daring Lintas Negara

29 April 2020, 22:26:15 WIB

JawaPos.com – Inisiatif menyambut hari tari dunia tidak hanya marak di kalangan seni tari Indonesia. Pada perayaan hari tari tahun ini, sejumlah seniman tari Indonesia juga bergabung dengan para seniman dari berbagai negara untuk merayakannya. Mengandalkan Zoom dalam jaringan internet, perayaan hari tari lintas negara itu menampilkan lebih dari 40 karya dari berbagai seniman tari.

Didukung Project Sesama, acara bertajuk ChOreO-iNstAnt Stay at Home Final Performance ini menjadi ruang bagi para seniman membagikan karya koreografinya kepada publik. Acara ini melibatkan seniman-seniman dari Indonesia, Malaysia, Uganda, Jepang, Australia, hingga Amerika Serikat. Selain menonton karya tari dari berbagai negara, warganet juga dapat memberikan donasi dalam acara ini.

ChOReO-iNstAnt Stay at Home Final Performance tidak berlangsung tiba-tiba. Serangkaian pentas tari daring telah dlaksanakan dengan menghadirkan rupa-rupa tari sejak 1 April 2020. Pada tiap edisinya, karya Galih Mahara (Indonesia), Rithaudin A. Kadir (Malaysia), dan Gator Gunawan (Indonesia) yang juga menjadi penyelenggara kolektif acara ini ditayangkan bersama dengan satu karya bintang tamu.

Tidak semua yang terlibat dalam acara ini adalah seniman-seniman tari. Ada yang lebih dekat dengan teater. Pada edisi ke 9 pada 17 April 2020 lalu, ChOReO-iNstAnt Stay at Home menampilkan Heliana Sinaga (Indonesia) yang aktif di Mainteater Bandung menjadi bintang tamu. ’’Saya senang bisa ikut berpartisipasi di tengah pandemi yang tak menentu ini,’’ kata Heliana Sinaga.

Ide ChOReO-iNstAnt Stay at Home bertolak dari situasi terkini dunia yang tengah dilanda Covid-19. Wabah yang mendera memantik para seniman untuk kembali mengingat bahwa sebenarnya panggung karya tidak hanya terbatas pada gedung-gedung pertunjukan. Semua tempat pada dasarnya dapat menjadi tempat menyajikan karya. Dan Korona meneguhkan keyakinan bahwa menari dapat dilakukan di mana saja, tiap waktu, dan dalam beragam bentuk. (tir)

 

 

Editor : tir

Saksikan video menarik berikut ini: