alexametrics

Panggilan Terbuka Ekspresi Tari Virtual

21 Mei 2020, 02:03:48 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan menggelar panggilan terbuka untuk para pelaku seni tari di Indonesia. Panggilan terbuka bertajuk Ekspresi Tari Virtual ini dapat diikuti oleh penari tradisi, guru tari tradisi, dan koreografer kreasi baru maupun penari kontemporer dari seluruh wilayah di Indonesia.

Ekspresi Tari Virtual akan dikemas dalam panggung daring dengan target 280 video karya tari yang akan dipentaskan melalui laman Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan. Sebanyak 20 video karya terbaik direncanakan akan tayang melalui kanal Youtube Dirjen Kebudayaan Kemendikbud. Panggilan terbuka ini terbagi dalam empat kategori berbeda dan para peserta hanya dibolehkan mengirimkan karya dalam satu kategori saja.

Kategori pertama adalah penyajian tari tradisi tunggal dengan durasi antara tiga hingga sepuluh menit. Kategori ini mensyaratkan karya dibawakan oleh penari tunggal dalam bentuk tarian tradisi secara utuh dalam satu ruangan. Kategori ini ditujukan bagi penari tradisi yang aktif menari. Penari tunggal dalam kategori ini wajib mengenakan tata rias, properti, dan busana sesuai dengan tradisi asal tarian pilihan masing-masing. Lalu, video harus dilengkapi dengan tata cahaya memadai yang dapat menunjukkan ekspresi penari.

Kategori ke dua adalah pembelajaran atau tutorial tari tradisi berdurasi lima menit. Kategori ini berisi tutorial praktik gerak tari tradisi yang disajikan oleh peserta tunggal. Materi ajar berupa penjelasan teknik tiga motif gerak tari tradisi disertai pemberian contoh cara melakukannya. Kategori ini ditujukan kepada para guru tari tradisi yang aktif mengajar tari. Sama dengan kategori pertama, kategori ini mewajibkan peserta mengenakan busana tradisional sesuai tradisi asal tarian yang diajarkan.

Kategori ke tiga adalah pengembangan tari kreasi baru tunggal. Kategori ini menampung karya tari kreasi baru berbasis pengembangan dari tari tradisi ataupun kreasi baru yang khusus diciptakan untuk panggilan terbuka ini. Karya tari wajib disajikan dalam satu ruang dan ditarikan oleh peserta secara tunggal. Kategori ini ditujukan kepada penari dan koreografer tari tradisi ataupun kreasi baru. Durasi video kategori ini maksimal lima menit dengan musik pengiring yang tidak melanggar hak atas kekayaan intelektual.

Kategori terakhir adalah pengembangan tari kontemporer tunggal. Kategori ini menampung karya dari pengembangan tari kontemporer tunggal bersumber dari ide atau materi bebas yang diciptakan khusus untuk panggilan Ekspresi Tari Virtual. Kategori ini ditujukan kepada penari dan koreografer tari kontemporer dengan durasi antara tiga hingga lima menit. Karya harus disajikan dengan tata cahaya yang memadai dan musik yang tidak melanggar hak atas kekayaan intelektual.

Semua karya dalam empat kategori tersebut wajib tidak mengandung SARA dan pornografi. Karya harus orisinil dan bila nanti diketahui merupakan plagiat dengan sendirinya akan digugurkan. Mereka yang karyanya lolos dalam panggilan terbuka ini mendapatkan bantuan berupa dana stimulan yang berbeda sesuai masing-masing kategori. Kategori pertama dan ke dua mendapatkan bantuan sebesar Rp 1.500.000, kategori ke tiga dan ke empat sebesar Rp 2.500.000. Karya yang masuk dalam 20 besar akan mendapatkan tambahan stimulan sebesar Rp 2.500.000. Detil ketentuan dan persyaratan panggilan terbuka Ekspresi Tari Virtual dapat dilihat di sini. (tir)

 

 

Editor : tir



Close Ads