alexametrics

Dari Pameran Terasharing, Berkarya di Luar Kebiasaan

27 Juni 2019, 20:24:35 WIB

JawaPos.com – Lukisan warna-warni pada tampah terpajang rapi di ruang pameran Galeri Prabangkara. Lima lukisan pada tampah tersebut menggambarkan perjalanan sosok perempuan. Di satu tampah, perempuan itu digambarkan bersanding dengan seorang pria. Ada pula lukisan bergambar perempuan menggendong anak dan berpakaian resmi seperti berangkat kerja.

’’Aku berusaha menggambarkan bahwa perempuan itu kuat. tampah ini sebagai perlambang dari rumah tangga. Meski perempuan bekerja di luar, di rumah tetap menjadi pengurus dan pengasuh,’’ ucap Erin Sulistyowati, pelukis.

Rangkaian lukisan berjudul Kodrat itu karya Erin sebagai salah seorang mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana (Unipa). Bersama lebih dari 30 mahasiswa lainnya, Erin unjuk gigi dalam pameran Terasharing yang berlangsung Senin (24/6) hingga kemarin (26/6).

Sunanda, ketua panitia pameran, mengatakan bahwa tema ’’keluar garis’’ menjadi konsep utama yang dibawa dalam pameran. ’’Maksudnya, setiap seniman yang unjuk karya diminta untuk keluar dari kebiasaannya dalam berkarya,’’ sahut Muhammad Ainun Najib, panitia.

Konsep itu bisa dikreasikan tiap-tiap mahasiswa. Mulai menjajal media yang aneh-aneh di luar kanvas atau menciptakan karya yang sangat berbeda. Misalnya, M. Yanuar Ramadhani. Mahasiswa angkatan 2015 itu terbiasa melukis. Namun, kali ini dia membuat sebuah instalasi kendaraan bermotor dari batang-batang kayu.

Dindingnya ditutupi botol-botol plastik bekas. Dalam pameran tersebut, mahasiswa-mahasiswa Unipa menampilkan 29 lukisan dan 6 instalasi. ’’Semua bisa berkarya apa saja, bebas. Boleh juga berkolaborasi,’’ tutur Sunandar.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : dya/c4/tia



Close Ads