alexametrics

Di ArtOs Kembang Langit, 1 Lukisan Terjual Rp 2,4 Miliar

21 Desember 2021, 17:40:15 WIB

JawaPos.com – Dunia seni rupa Banyuwangi unjuk taring. Pameran seni rupa profesional edisi perdana di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu, ArtOs Kembang Langit, menuai kesuksesan besar. Bukan hanya dari sisi penyelenggaraan, tetapi juga dari nominal penjualan yang sekitar Rp 3,1 miliar.

Tidak tanggung-tanggung, salah satu lukisan karya pelukis kelahiran Banyuwangi, Awiki, terjual Rp 2,4 miliar. Lukisan 300 x 140 sentimeter berjudul Pasar Bunga yang dipamerkan dalam ajang di Gedung Juang 45, Banyuwangi, tersebut diboyong pencinta seni asal luar negeri.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengucapkan selamat kepada Awiki. ”Beliau adalah pelukis hebat asal Banyuwangi yang kini tinggal di Bali. Mudah-mudahan lukisan ini bisa dinikmati pencinta seni mancanegara,” ujarnya setelah menyematkan pita merah sebagai tanda bahwa lukisan itu terjual tadi malam (20/12).

Ipuk menyatakan, dirinya atas nama Pemkab Banyuwangi mengapresiasi pameran seni ArtOs Kembang Langit yang digeber untuk memperingati Hari Jadi Banyuwangi Ke-250 tersebut. Dia juga siap mendukung kegiatan seni budaya di Banyuwangi. ”Kami bersyukur dipertemukan dengan teman-teman yang mempunyai kecintaan pada dunia seni. Ini menjadi warna bagi Banyuwangi. Bukan hanya pariwisata, tetapi kesenian dan budayanya juga terus tumbuh,” kata dia.

Ketua Panitia ArtOs Kembang Langit Imam Maskun mengungkapkan, setelah sukses digeber tahun ini, ajang serupa bakal dihelat secara berkelanjutan. Apalagi, momen pembukaan ArtOs Kembang Langit pada 10 Desember telah ditetapkan sebagai Hari Seni Rupa Banyuwangi.

Ketua Dewan Pengarah Dewan Kesenian Blambangan Samsudin Adlawi menuturkan, ArtOs Kembang Langit merupakan pameran seni rupa profesional pertama di Banyuwangi. ”Materinya dimutasi kurator nasional, yakni Pak Agus T. Dermawan,” jelas dia.

Samsudin menilai, ArtOs Kembang Langit merupakan pameran yang sukses. Dia lantas menukik pidato pemilik Museum OHD sekaligus kolektor ribuan lukisan, Oei Hong Djien, saat menyampaikan pidato kebudayaan dalam pembukaan ArtOs Kembang Langit. ”Pak OHD dalam pidato kebudayaannya menyampaikan, ada tiga ukuran sukses, pembukaannya, pelukisnya, dan nilai transaksinya,” paparnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : sgt/c14/ttg

Saksikan video menarik berikut ini: