alexametrics

Operasi Bersih dan Mural Gerebek Tembok

20 Januari 2020, 01:12:16 WIB

JawaPos.com – Galeri Kertas Studio Hanafi merespons banjir besar yang melumat Jakarta dan sekitarnya dengan aksi bersih-bersih dan menebar mural. Sepanjang akhir pekan, para perupa dari Galeri Kertas Studio Hanafi bahu membahu bersama para anggota Depok Art Distric, P Confuse Adventure, dan warga membersihkan kawasan RT 01-02/RW13 kampung Parung Bingung, Depok. Usai aksi bersih-bersih, tembok-tembok di kampung tersebut menjadi bidang mural para perupa. Aksi ini diberi tajuk Operasi Bersih dan Mural Gerebek Tembok.

’’Kami juga mengundang Bunda Heni dari Komunitas KP2D untuk mendongeng kepada anak-anak,’’ terang Selvi Agnesia dari Galeri Kertas Studio Hanafi. Dongeng bagi anak-anak tersebut berkisah tentang pentingnya menjaga kebersihan. Ada sekitar 50 anak yang asyik mendengarkan dongeng tersebut sebelum ikut bergabung dalam aksi bersih-bersih dua RT itu. Dongeng untuk anak sengaja dipilih sebagai cara untuk menyampaikan pesan bagi anak-anak demi membangun kesadaran mencintai lingkungannya sendiri.

Aksi mural ini mendapat sambutan meriah dari warga kampung Parung Bingung. Maklum, mural dari para seniman itu pada akhirnya menjadikan pemandangan di sekitar tempat tinggal mereka menjadi lebih berwarna. Selain itu, tembok-tembok yang sebelumnya kosong melompong kini menjadi lebih semarak oleh aneka warna dan gambar. Aksi bersih-bersih dan mural yang berlangsung selama dua hari tersebut diharapkan tidak hanya menjadikan kawasan kampung Parung Bingung menjadi lebih indah namun juga memantik kesadaran warga untuk semakin peduli dalam merawat lingkungannya.

Tidak ada tema khusus yang digunakan dalam menghadirkan mural di Parung Bingung. (Rasyad Zahran Mussalam for Jawa Pos)

’’Tidak ada tema khusus untuk mural dari teman-teman perupa,’’ kata Selvi. Menurutnya, hampir semua seniman yang terlibat dalam operasi bersih dan gerebek tembok ini memilih untuk menyesuaikan objek visual ciptaan masing-masing dengan situasi lingkungan di sekitarnya. Siasat penciptaan semacam itu dengan sendirinya menjadikan mural-mural tersebut lebih menyatu dengan lingkungannya dan terhindar dari kemungkinan menjadi objek visual yang mengganggu.

Editor : tir


Close Ads