alexametrics

Pameran Tunggal Jun Rizky

15 Juli 2020, 20:49:06 WIB

JawaPos.com – Perupa muda Jun Rizky Saragih hadir dalam pameran tunggal bertajuk Become hingga 19 Juli 2020. Pameran daring ini menjadi bagian program Puzle yang ditaja kolektif perupa muda Happiness House. Karya-karya Jun dalam Become bertolak dari persoalan bagaimana perihal menjadi pada manusia tak bisa lepas dari aksi reaksi terhadap situasi di sekitarnya.

“Ada 18 karya dalam Become yang terdiri dari 15 karya dua dimensi dan lainnya adalah karya tiga dimensi,” terang Rafiana Diki Anggi yang memberikan catatan kuratorial dalam pameran ini. Dari 15 karya dua dimensi itu lima di antaranya berupa fotografi. Tiga karya tri matra dalam Become adalah topeng berjudul Terlihat Senang, Terlihat Sedih, dan Terlihat Marah. Tiga topeng itu punya peran penting di karya fotografi dalam Become.

Dalam catatan Rafiana, Jun memijakkan konsep karya pameran ini pada bagaimana manusia bisa berperan dengan cara berbeda sesuai kondisi tertentu di sekitarnya. “Seperti anak-anak yang tentu perannya berbeda ketika bersama keluarga, bertamu, atau saat bersama teman-temannya,” jelas Rafiana. Pijakan konseptual itu mendasari Jun dalam mencipta karya-karya yang ada dalam pameran ini.

Become memang hanya berkutat pada ide tentang keniscayaan manusia yang punya kemampuan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya untuk kemudian menjadi sesuatu. Tegangan antara keterpaksaan dan kesadaran terhadap pemeranan itu sendiri tidak banyak dielaborasi. Namun, hal itu justru muncul di beberapa karya. Pada karya berjudul Kesalahan dan Bertanya misalnya. Dua karya fotografi bedimensi 42 x 60 cm tersebut menampilkan lelaki yang sama dalam dua peristiwa berbeda.

Kesalahan menampilkan sosok pemuda bertopeng Terlihat Sedih tengah berinteraksi dengan pria bermasker dalam balutan seragam polisi. Ada gestur menyimak lawan bicara pada si pemuda. Karya ini tampak hendak menghadirkan bagaimana manusia terlihat sedih saat berada dalam kesalahan. Di saat sama, Kesalahan justru menunjukkan bagaimana sebetulnya manusia dapat memanipulasi reaksinya seturut peran yang hendak dia tampilkan. Topeng Terlihat Sedih ampuh mengaburkan kepala tegak bersama tangan kaku yang tak lazim muncul dalam sebuah kesalahan.

Pemuda yang sama muncul lagi dalam Bertanya. Kali ini dia berinteraksi dengan seorang bocah dengan latar belakang lapangan bola berisi anak-anak yang tengah asyik bermain. Topeng Terlihat Sedih yang dipakai si pemuda di Kesalahan dikenakan oleh bocah dalam Bertanya, sementara wajah pemuda itu tertutup oleh topeng Terlihat Senang. Gestur keduanya saling hadap, namun topeng Terlihat Senang jelas mengarah ke kamera. Bertanya memancing pertanyaan tentang siapa bertanya kepada siapa, bagaimana bisa terlihat senang saat ada anak di depan mata terlihat sedih, dan lain-lain.

Pengunjung dapat menikmati Become melalui aplikasi digital yang mesti diunduh terlebih dahulu. Akun Instagram Happiness Arthouse mencantumkan tautan mengarah pada cara mengunduh aplikasi yang memungkinkan penyajian karya melalui galeri virtual tiga dimensi. (tir)

Editor : tir



Close Ads