alexametrics

Kolaborasi Tiga Biennale dalam Normal Baru

12 Mei 2020, 23:14:46 WIB

JawaPos.com – Pameran seni rupa dua tahunan di tiga kota Indonesia tahun ini sama-sama terdampak oleh Covid-19. Menghadapi situasi semacam itu, Biennlae Jakarta, Biennale Jogja, dan Makassar Biennale berkolaborasi dalam satu program bersama. Kolaborasi ketiganya dibingkai dalam panggilan terbuka proposal karya Normal Baru. Normal Baru bertolak dari situasi faktual kini sangat berbeda dengan masa-masa sebelum wabah datang. Respons terhadap pandemi senyatanya menghasilkan kelaziman anyar yang tak terhindarkan.

Di dunia seni, kini lazim memindahkan ruang pameran dan pertunjukan ke jalur daring. Yang jadi persoalan, apakah jalur daring sebagai ruang presentasi itu sekadar memindahkan karya ke medium digital semata? Bukankah normal baru itu lantas membuka kemungkinan-kemungkinan anyar lainnya? Panggilan terbuka proposal Normal Baru ini  ingin memberikan tantangan bagi para perupa kontemporer untuk bereksplorasi dengan medium daring dan digital.

Panggilan terbuka proposal Normal Baru akan memilih 30 proposal terpilih yang masing-masing akan mendapat bantuan produksi sebesar Rp 10 juta. Mereka yang tertarik mengirimkan proposal wajib memilih salah satu tema dari ketiga Biennale. Pilihan tema tersebut adalah Esok – Membangun Sejarah Bersama (Jakarta Biennale), Tata Bumi Baru, Tata Seni Baru (Biennale Jogja), dan Maritim – Sekapur Sirih (Makassar Biennale).

Proposal wajib mencantumkan konsep karya dalam 400 kata, rencana presentasi beserta sketsanya, dan biodata singkat pengirimnya. Karya wajib menggunakan platform digital seperti video, audio, media sosial, atau aplikasi yang nantinya akan diunggah daring. Program ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia baik individu maupun kolektif. Proposal dikirimkan ke email karyanormalbaru@gmail.com selambatnya 12 Juni 2020. (tir)

 

Editor : tir



Close Ads