alexametrics

Desemba Sagita Suka Tampilkan Seniman dan Ilmuwan

6 Januari 2020, 20:33:14 WIB

JawaPos.com – Puluhan rupa tokoh dipajang di studio milik Desemba Sagita Titaheluw di Pucang Sawit kemarin. Desemba menjelaskan bahwa sudah dua tahun ini dirinya berfokus pada lukisan potret. Dia kerap melukis rupa tokoh-tokoh dan teman-teman yang dikagumi.

’’Saya menyebutnya my idol and my friend,’’ tutur pria 58 tahun tersebut. Rencananya, lukisan-lukisan potret itu dipamerkan tahun ini di beberapa lokasi.

Tokoh-tokoh nasionalis, humanis, intelek, dan pluralis menjadi inspirasinya dalam melukis. Misalnya, Soekarno dan Mahatma Gandhi. Dia melukisnya beberapa kali dengan ekspresi wajah yang berbeda. Menggunakan warna atau hitam-putih. ’’Soekarno sebagai sosok nasionalis dan Gandhi sebagai sosok yang humanis. Mereka juga sama-sama mengajarkan sifat berdikari,’’ kata alumnus matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya itu.

Potret ilmuwan dan seniman juga beberapa kali dia lukis. Salah satu ilmuwan yang kerap dilukis adalah Albert Einstein. Bukan hanya ilmuwan dunia, Desemba juga melukis rupa teman-teman yang menurutnya cocok disebut ilmuwan. Misalnya, ilmuwan fisika Maria Dewi dan ilmuwan aktuaria Imam Subowo. Karena itulah, dia juga menyebut my idol and my friend dalam kumpulan lukisan beraliran realis miliknya.

Bagi dia, ilmuwan dan seniman adalah sosok berpengaruh di dunia. ’’Saya ingin lebih banyak orang yang terinspirasi sosok-sosok itu melalui lukisan saya ini,’’ kata pria berdarah Ambon tersebut

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : nas/c19/any


Close Ads