alexametrics

Paulina Soesri Selalu Senang Melukis Mawar dan Burung Gereja

5 Februari 2020, 07:09:53 WIB

JawaPos.com – Sebagian besar lukisan Paulina Soesri tak lepas dari objek burung gereja dan bunga mawar. Bagi dia, melihat burung gereja yang selalu berkerumun ketika terbang ke mana pun adalah hal yang menyenangkan. ’’Bikin ramai suasana, enak dipandang,’’ tutur perempuan asli Cepu itu saat ditemui di rumahnya di kawasan Sidoarjo beberapa waktu lalu.

Begitu pun bunga mawar yang menurut Paulina selalu indah dan tak lekang oleh waktu. ’’Makanya, banyak lukisan saya yang terinspirasi dari dua objek tersebut,’’ lanjutnya. Contohnya, lukisan berjudul Sukacita yang sedang dirampungkan Paulina.

Di atas kanvas berukuran 150 x 100 sentimeter, tampak tujuh burung gereja terbang bebas menikmati alam. Burung-burung tersebut hinggap di puluhan bunga mawar kuning. ’’Lukisan ini menceritakan kebebasan hidup di alam. Merdeka tidak ada kekangan, bahagia melihatnya,’’ tutur Paulina. Dalam gambar tersebut, dia menganut unsur dekoratif.

Paulina yang saat ini berprofesi guru seni rupa di SMA Katolik St Louis 1 menerangkan, aliran dekoratif memiliki kecenderungan kuat untuk menghias sehingga bisa menimbulkan nilai tambah dalam sebuah lukisan. ’’Misalnya, saat saya gambar daun, tidak sekadar gambar daun yang biasa. Tapi, saya tata dan tambahkan beberapa ornamen agar lebih indah,’’ urainya.

Inspirasi ibu satu anak tersebut dalam bermain cat air di kanvas juga berasal dari berbagai sumber. Ada yang dari foto, ada juga yang dari imajinasi. Namun, khusus gambar bunga, Paulina selalu melukis dari bunga yang pernah dipegangnya. ’’Kebetulan saya suka merangkai bunga. Jadi, bunga yang sudah saya pegang biasanya langsung saya pelajari anatominya untuk dilukis,’’ kata perempuan kelahiran 1968 itu.

Dalam waktu dekat, Paulina mengikuti pameran tahunan di Bali. Temanya natural. Rencananya, dia membawa sebuah lukisan perempuan Bali yang sedang menata sesaji. Dikelilingi lingkungan yang nyaman dan banyak burung beterbangan. ’’Sekarang masih saya sketching,’’ ujar alumnus IKIP Semarang tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : car/c19/nor



Close Ads