alexametrics

Panggilan Terbuka Manifesto VII

4 Juni 2020, 01:04:41 WIB

JawaPos.com – Galeri Nasional Indonesia kembali menggelar pameran Manifesto yang rutin diselenggarakan tiap dua tahun. Kali ini, Manifesto VII memanggil para pelaku seni untuk mengirimkan karya yang akan dipamerkan daring pada Agustus mendatang. Pameran daring Manifesto VII dipastikan berbeda dengan peristiwa serupa yang marak di mayantara seiring wabah Covid-19 belakangan ini.

Manifesto VII didesain sebagai pameran yang tak sekadar menampilkan karya jadi dalam bentuk dokumen digital seperti kebanyakan pameran-pameran daring belakangan ini. Sejak Korona mewabah, pameran-pameran virtual muncul dengan kecenderungan presentasi yang berhenti pada soft copy katalog. Bentuk semacam itu mengakibatkan banyak pameran daring nyaris tak ada bedanya dengan membaca katalog digital berisi karya para seniman.

Manifesto VII tidak akan mengambil cara presentasi semacam itu. Pameran ini tidak akan sekadar menyajikan foto-foto karya yang telah paripurna lalu diberi keterangan berisi konsep penciptaannya. ’’Manifesto VII menampilkan karya dalam bentuk video proses penciptaan hingga karya selesai,’’ kata Sujud Dartanto, salah satu kurator Manifesto VII. Selain Sujud, pameran ini melibatkan Rizky A. Zaelani, Citra Smara Dewi, Bayu Genia Krishbie, dan Teguh Margono sebagai kurator.

Manifesto VII mengambil tema Pandemi. Pameran ini terbuka untuk diikuti oleh warga negara Indonesia maupun asing yang menetap di Indonesia saat pandemi Covid-19 menjalar. Panggilan terbuka ini boleh diikuti oleh perorangan maupun kelompok. Tiap pengirim dapat mengajukan satu hingga tiga video berdurasi antara satu hingga lima menit. Video yang dikirim memuat proses penciptaan karya, catatan, laporan, komentar, pernyataan sikap, atau tanggapan terhadap perubahan situasi kehidupan yang berlangsung kini. Nama-nama beserta karya yang lolos akan diumumkan pada 18 Juli 2020. Detil syarat dan ketentuan Manifesto VII dapat dilihat di laman Galeri Nasional Indonesia dan akun media sosialnya. (tir)

 

Editor : tir



Close Ads