Obat Baru Itu Bernama Karikatur dan Kartun

Oleh WAHYU KOKKANG
26 November 2022, 18:01:38 WIB

Pameran Kartun dan Karikatur Kesehatan di RSUD Blambangan Banyuwangi

ADA yang baru lagi dari Banyuwangi. Kali ini, dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58, RSUD Blambangan Banyuwangi menggelar pameran kartun dan karikatur kesehatan karya kartunis dan ilustrator Jawa Pos Wahyu Kokkang dan Budiono.

Pameran yang dibuka Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah itu menampilkan 100 karya –terdiri atas 74 karya kartun dan 26 karya karikatur– yang terpajang di beberapa ruang utama dan selasar rumah sakit. Pameran tersebut juga sekaligus menandai diresmikannya gedung VVIP Prof dr Imanoedin pada Senin (14/11) lalu.

Ajang pameran yang biasanya hanya ramai saat pembukaan dan sepi pengunjung pada hari-hari berikutnya tidak terjadi di sini. Konsep yang sejak awal diusung adalah bukan mengadakan pameran agar pengunjung datang, melainkan menyuguhkan pameran di tempat yang sudah ramai pengunjung.

MENYAMBUT: Karikatur wajah direktur RSUD Blambangan di ruang utama layanan di lantai 1. (RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI)

Kartun dan karikatur mengandung unsur humor yang sangat kental. Sementara itu, rumah sakit adalah tempat berkumpulnya banyak orang yang sedang sedih karena sakit atau memikirkan biaya perawatan. Di sinilah kartun dan karikatur berfungsi secara maksimal, muatan humornya bisa secara langsung membuat mereka tersenyum atau bahkan tertawa.

Bagi Pemkab Banyuwangi dan RSUD Blambangan, ini adalah bagian dari inovasi pelayanan publik yang berbeda dan belum pernah dilakukan daerah lain di Indonesia. Inilah bentuk layanan kesehatan yang lain di samping tindakan medis dan obat-obatan.

Jika obat dan tindakan medis menyentuh fisik pasien, kartun dan karikatur membantu menjadi obat bagi psikis mereka. Inilah obat baru bagi beragam keluhan penyakit.

Pameran tersebut juga tidak dibatasi waktu karena pihak RSUD Blambangan berkenan membeli seluruh karya yang dipamerkan menjadi aset mereka sehingga akan dipajang seterusnya dan bisa dinikmati para pasien dan keluarganya yang setiap hari datang silih berganti. (*)

MENGHIBUR: Karya kartun di ruang pendaftaran dan pelayanan obat. (RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI)

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads