alexametrics

Sayembara Buku Puisi Berhadiah Rp 100 Juta

20 Juli 2020, 23:10:49 WIB

JawaPos.com – Para penulis puisi kembali mendapat tantangan untuk melombakan karya terbaiknya. Yayasan Hari Puisi Indonesia telah mengumumkan sayembara buku antologi puisi dalam rangka menyambut Hari Puisi Indonesia tahun ini. Lomba berhadiah uang tunai Rp 50 juta untuk karya terbaik dan Rp 10 juta bagi masing-masing lima karya pilihan ini boleh diikuti oleh semua penyair Indonesia yang tinggal di dalam dan luar negeri. Total hadiah uang tunai sayembara ini mencapai Rp 100 juta.

’’Pengiriman karya dapat dilakukan mulai 26 Juli 2020 dan terakhir pada 20 September 2020,’’ terang Rida K. Liamsi, salah satu penggagas Hari Puisi Indonesia. Kompetisi ini terbuka bagi karya-karya yang diciptakan pada kurun waktu Oktober 2019  hingga Agustus 2020. Buku antologi yang dilombakan wajib berisi karya satu orang penyair dan ditulis dalam bahasa Indonesia. Buku antologi bersama, dwi bahasa, multibahasa, ataupun terjemahan tidak diterima dalam sayembara ini.

Sayembara ini mensyaratkan buku antologi yang dikirimkan telah memiliki International Book Standard Number (ISBN) dan tercatat di Perpustakaan Nasional Indonesia. ISBN buku juga harus tercatat di semua perpustakaan dunia yang tercantum dalam kesepakatan penomoran buku tersebut. Lampiran bukti ISBN wajib ikut dikirimkan bersama lima eksemplar buku antologi puisi yang dilombakan.

Satu orang peserta boleh mengirimkan lebih dari satu judul buku. Buku yang diikutkan dalam sayembara ini wajib tidak sedang dilombakan di tempat lain. Lalu, buku puisi tersebut juga bukan karya yang telah mendapatkan penghargaan dari lembaga atau institusi mana pun. Dewan Juri dapat membatalkan keputusannya apabila dalam sebuah buku puisi dalam sayembara ini dinyatakan menang namun kemudian hari didapati melanggar ketentuan. Penyelenggara juga akan menarik kembali hadiah dalam persoalan serupa.

Rencananya, puncak Hari Puisi Indonesia akan diselenggarakan di Kawasan Kota Tua Jakarta pada Oktober 2020 mendatang. Hari Puisi Indonesia yang jatuh pada 26 Juli tiap tahunnya kali ini tidak hanya berisi sayembara buku. Hajatan ini juga diramaikan dengan kompetisi menulis puisi di media sosial. Detil keterangan sayembara dan rangkaian kegiatan Hari Puisi Indonesia dapat dilihat di laman Yayasan Hari Puisi Indonesia. (tir)

 

Editor : tir



Close Ads