alexametrics

Panggilan Terbuka Pameran Daring

17 Mei 2020, 23:30:01 WIB

JawaPos.com– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan menggelar panggilan terbuka untuk pameran daring bertajuk Solidaritas Perupa Indonesia Lawan Corona. Sesuai judulnya, panggilan terbuka ini muncul sebagai reaksi atas wabah Covid-19 yang belum mereda hingga kini sekaligus membuka ruang alternatif bagi publik untuk unjuk karya secara online.

Panggilan terbuka pameran daring ini akan memilih 75 karya terpilih dengan total bantuan biaya produksi sebesar Rp 300 juta. Tema pameran daring Solidaritas Perupa Indonesia Lawan Corona ini adalah Menjaga Api Optimisme dalam Menghadapi Pandemi Global Covid-19. Tiga orang kurator akan bertugas memilah dan memilih karya yang akan hadir dalam pameran daring ini. Mereka adalah Sujud Dartanto, Farah Wardhani, dan Rifky Effendi.

’’Pameran ini terbuka untuk karya dalam berbagai bentuk,’’ kata Sujud Dartanto, salah satu kurator pameran Solidaritas Perupa Indonesia Lawan Corona. Selain karya dua dan tiga dimensi berupa kriya, gambar atau lukisan termasuk fotografi; pameran ini juga menerima karya dalam bentuk seni rupa performatif, seni video, seni animasi, dan seni jaringan, seni media baru, seni berbasis laman daring, dan seni lintas wahana.

Karya yang dikirimkan dapat berbentuk dua dimensi dengan ukuran maksimal 1 x 1 meter, karya tiga dimensi berukuran antara 50 centi meter kubik hingga 3 meter kubik, karya instalasi maksimal ukuran 3 meter kubik, dan video berdurasi maksimal 15 menit. Tidak ada ketentuan khusus untuk jenis media dan teknik pembuatan karya. Mereka yang dapat mengikuti panggilan terbuka ini adalah seniman perorangan maupun kelompok dari berbagai wilayah Indonesia, terutama mereka yang menerima dampak langsung pandemi Korona. Karya yang dikirim adalah milik peserta dalam rentang waktu 2019-2020.

Peserta wajib melampirkan pernyataan keaslian karya yang dapat diunduh melalui laman Kemendikbud. Peserta juga diharuskan melampirkan detil konsep karya dalam Bahasa Indonesia beserta foto atau video karya. Tenggat waktu pengiriman berkas adalah 10 Juni 2020. Berkas yang masuk akan diseleksi pada 11-15 Juni 2020 dan pengumuman disiarkan pada 26 Juni 2020. (tir)

Editor : tir



Close Ads