alexametrics

Pentas Online Edisi Pageblug Korona

17 Maret 2020, 12:57:12 WIB

JawaPos.com – Wabah virus Covid-19 tak menghentikan para seniman untuk berkarya. Di Solo, Bukan Musik Biasa tetap dilaksanakan. Imbauan pemerintah daerah setempat untuk tidak menyelenggarakan kegiatan yang mendatangkan banyak orang disiasati dengan pementasan online mengandalkan jaringan internet. Rencananya, pentas online Bukan Musik Biasa edisi pageblug (wabah, Red) akan diselenggarakan pada Jumat, 20 Maret 2020 mendatang.

’’Teman-teman sepakat untuk tetap menyelenggarakan Bukan Musik Biasa edisi ke-75 akhir bulan ini,’’ kata Gondrong Gunarto, salah satu musisi yang terlibat dalam Bukan Musik Biasa. Menurutnya, arena musik rutin dua bulan sekali itu akan diselenggarakan melalui kanal youtube Taman Budaya Jawa Tengah secara online. Para musisi yang akan terlibat dalam pentas online ini adalah Padepokan Kirik Nguyuh (Majalengka), H2C (Yogyakarta), dan Kamang (Sumatra).

’’Sama seperti edisi-edisi sebelumnya, Bukan Musik Biasa juga dilengkapi dengan diskusi,’’ katanya. Pada edisi pageblug Corona ini, narasumber Bukan Musik Biasa adalah Aton Rustandi Mulyana. Diskusi dengan narasumber Doktor etnomusikologi tersebut akan dipandu oleh Rezki Habibulah sebagai moderator. Bukan Musik Biasa edisi pageblug Corona ini rencananya mulai mengudara pada pukul 19.30 WIB.

’’Ini adalah cara kami untuk tetap berkesenian dengan tidak jemawa menantang wabah,’’ kata Gondrong. Forum musik dan diskusi ini biasanya diselenggarakan secara terbuka di Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta. Pada edisi-edisi sebelumnya, ratusan penonton selalu memadati forum yang menawarkan ragam bentuk-bentuk eksplorasi musik tak biasa tersebut.

Editor : tir



Close Ads