alexametrics

Pameran dan Panggung Seni Terdampak Korona

16 Maret 2020, 22:15:25 WIB

JawaPos.com – Merebaknya Covid-19 menyebabkan sejumlah pameran dan pertunjukan di Jakarta ikut terdampak. Setelah museum Macan memutuskan untuk menutup sementara pameran yang tengah berjalan, giliran Galeri Nasional Indonesia melakukan langkah serupa. Dari panggung seni pertunjukan, setelah Rebel Samurai dari Riyuzanji Theatre (Jepang) batal tur keliling tiga kota, kemarin Teater Koma memutuskan untuk menunda rencana pertunjukan lakon Sampek Engtay.

’’Kami memutuskan untuk sementara menutup Galeri Nasional Indonesia hingga 29 Maret mendatang,’’ terang Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto kepada Jawapos.com, kemarin. Keputusan tersebut dilakukan atas dasar pertimbangan imbauan dari pemerintah untuk mengurangi potensi makin merebaknya virus Covid-19 di Jakarta. Usai akhir Maret nanti, Pustanto menyebut pihaknya akan kembali menimbang situasi apakah akan langsung membuka Galeri Nasional Indonesia untuk publik atau tidak.

Penutupan Galeri Nasional Indonesia tersebut bersamaan dengan penyelenggaraan pameran tunggal Srihadi Soedarsono yang dijadwalkan berlangsung hingga 9 April mendatang. Pameran bertajuk Man x Universe tersebut menampilkan 44 lukisan Srihadi Soedarsono yang terdiri dari 38 lukisan baru dan sisanya adalah koleksi pelukis senior tersebut dari beberapa tarikh penciptaan berbeda.

Di museum Macan, keputusan untuk tutup sementara dilakukan bersamaan dengan pameran seni rupa pertunjukan dari Melati Suryodarmo. Pameran bertajuk Why Let the Chicken Run tersebut sebenarnya dijadwalkan berlangsung hingga 31 Mei mendatang. Antisipasi penyebaran Covid-19 juga dilakukan oleh pengelola Cans Gallery. Agenda pameran tunggal Rega Ayundya Putri harus ditunda hingga situasi membaik.

Dari panggung pertunjukan, Teater Koma memutuskan pementasan kembali lakon Sampek Engtay di Ciputra Artpreneur pada 28-29 Maret ditunda. Teater Koma menjadwalkan ulang lakon yang di masa Orde Baru pernah mengalami pencekalan itu akan dipentaskan di tempat sama pada 15-16 Agustus 2020 mendatang. Keputusan serupa juga diambil Komunitas Salihara yang pada akhir Maret ini memiliki jadwal showcase kelas tari. Pementasan Kelas Akting Salihara pada awal April mendatang juga ditunda.

 

Editor : tir



Close Ads