alexametrics

Satukan Berbagai Seni dalam Satu Pameran

15 Oktober 2019, 18:29:26 WIB

JawaPos.com – Komunitas Surabaya Art Society punya cara sendiri untuk membuat sebuah pameran. Jika umumnya sebuah komunitas hanya terdiri atas satu bidang yang sama, mereka tidak demikian. Mempunyai latar belakang yang berbeda-beda dalam seni tidak membuat mereka tak bisa bersatu. Justru perbedaan tersebut yang menyatukan sepuluh orang yang mempunyai konsentrasi seni yang berbeda.

Mereka membuat pameran dengan tema keberagaman. Mulai seni lukis, seni fotografi, seni photo painting, hingga seni kaligrafi dipamerkan menjadi satu di Hotel Mercure Grand Mirama hingga akhir Oktober mendatang. Andreanus Gunawan, salah seorang anggota Surabaya Art Society, mengungkapkan bahwa komunitas mereka memang tidak membatasi jenis seni yang ingin dipamerkan.

”Bahkan, yang seni lukis juga berbeda-beda alirannya. Kayak karya saya ini alirannya realis. Ada juga yang bikin dari cat air, ada juga yang naif dekoratif,” jelas dia saat ditemui kemarin (14/10). Para fotografer yang bergabung juga punya gaya sendiri-sendiri. Mulai yang foto lanskap hingga foto satwa.

Bukan hanya itu. Yang bikin pameran mereka lebih berbeda lagi adalah adanya seni kaligrafi Tiongkok yang digoreskan dalam lembaran kertas panjang yang juga ditampilkan dalam pameran tersebut. ”Nah, dengan begitu, di sini jadinya beragam seni bisa dinikmati di satu tempat,” imbuh Andreanus.

Hal lain yang mendasari pameran berbeda-beda seni rupa tersebut adalah mereka tidak ingin membatasi orang lain dalam berkarya

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ama/c10/any



Close Ads