alexametrics

Basa-basi Perupa Pemula

Tanggapan Syakieb Sungkar*
13 September 2020, 13:06:32 WIB

HERMAWAN Tanzil, pemilik Galeri Dia.Lo.Gue, pernah membanggakan diri kepada saya. Bahwa belasan tahun yang lalu ia memenangi lelang penjualan buku gambar yang berisi sketsa-sketsa GM, seharga Rp 25 juta. Rupanya, GM suka membuat sketsa sudah sejak lama. Dan diam-diam banyak orang yang mengumpulkannya apabila sketsa itu tercecer atau ditinggalkan begitu saja di meja rapat.

Penjualan karya-karya sketsa yang laris manis dalam pameran di Galeri Dia.Lo.Gue pada Februari 2017 membuktikan kebenaran asumsi saya itu. Dan saya yang membujuk GM untuk melanjutkannya dalam kanvas. Pameran lukisan GM di Galeri Semarang pada Juli 2019 telah menunjukkan bahwa loncatan dari sketsa di kertas menuju lukisan di kanvas tidaklah begitu sulit.

Baca juga: Saya Tidak Tahu, Mari Kita Tenang

Selama pameran saya melihat antusiasme penonton dan kekaguman. Dan hal itu dilanjutkan dengan penjualan karya yang cukup berhasil. Apalagi di musim paceklik seni rupa seperti sekarang, menjual lukisan bukanlah hal mudah.

Pameran selanjutnya di Museum dan Tanah Liat juga mulus. Dan saya rasa GM terus melukis dengan bersemangat. Karena tampaknya pikiran-pikiran yang ada dalam Caping dan esai-esainya, serta puisinya, akan ditumpahkan dalam lukisan. Bagi dia mencari ide dalam melukis bukan perkara sulit.

Baca juga: Siapakah Pemula?

Saya rasa GM mengatakan bahwa ia perupa pemula cuma basa-basi saja. Dan kita tidak perlu ikut latah mengatakan GM perupa pemula. (*)

*) Kurator dan Kolektor Seni

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra




Close Ads