alexametrics

Ulang Tahun, Remy Sylado Pamerkan Lukisan, Novel, hingga Kaset Album

12 Juli 2019, 19:07:15 WIB

JawaPos.com – Balai Budaya Jakarta penuh sesak tadi malam (11/7). Para tokoh lintas bidang hadir dalam pembukaan pameran karya Remy Sylado.

Pameran tersebut sekaligus memperingati ulang tahun Remy yang genap berusia 74 tahun hari ini, Jumat (12/7). KH Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus juga hadir dalam acara tersebut. ”Beliau (Remy) ini makhluk langka yang mungkin stoknya sudah habis,” celetuk Gus Mus.

Menurut dia, Remy yang terlahir dengan nama Yapi Panda Abdiel Tambayong itu adalah manusia serbabisa. Memiliki banyak talenta. Mantan wartawan, sastrawan, penulis, pelukis, hingga lihai dalam bermain drama.

Selain itu, Remy seorang munsyi. Dia menguasai banyak bahasa. Di antaranya, Inggris dan Prancis. Juga, beberapa bahasa daerah.

”Saya kira nggak ada di Indonesia seperti beliau,” puji pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah, itu

SERBABISA: Remy Sylado (kiri) dan Gus Mus. (Imam Husein/Jawa Pos)

Pameran tunggal bertajuk Maestro Remy Sylado tersebut menampilkan berbagai karya seni seniman berdarah Minahasa itu. Mulai lukisan yang dia torehkan sejak 1982, novel, hingga kaset album band musiknya semasa muda, Remy Sylado Company. Pameran tersebut berlangsung 11 hingga 19 Juli.

Dalam sambutannya, di hari ulang tahunnya, Remy mengaku justru tidak terhibur jika didoakan awet muda. ”Sudahlah tetap tua, rambutnya putih tidak dicat,” imbuhnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : han/c10/ttg



Close Ads