alexametrics

Seniman Grafis Muda Melukis Dunia, Tidak Ada Yang Instan

12 Juni 2022, 17:13:50 WIB

Seniman-Seniman Grafis Muda yang Karyanya Mengglobal

Lahir dan besar di Indonesia, tiga anak muda ini berkreasi di tanah air. Kegigihan dan kerja keras membuat karya mereka tersebar hingga ke mancanegara. Sejumlah jenama global pun kemudian menggandeng mereka. Karya mendunia, nama makin dikenal, apa lagi yang masih perlu dilakukan?

SAAT ini Diela Maharanie adalah ilustrator perempuan yang paling menonjol di Indonesia. Usianya masih muda. Namun, karya-karyanya sudah mendunia. Ciri khas Diela adalah kombinasi warna-warna yang cerah. Mencolok.

Diela kali pertama mengikuti pameran internasional pada 2021. ’’Bersama galeri art_dash dari DeviantArt.com di SXSW, Austin,’’ ungkapnya kepada Jawa Pos bulan lalu. Ketika itu dia menyertakan dua ilustrasinya. Pengalaman tersebut membuatnya sangat bangga sekaligus gembira. Juga terpicu untuk terus berkarya.

 

Kreasi lain yang menonjolkan sentuhan menonjolkan India. (IG DIEALMAHARANIE)

Berkreasi dan tidak berhenti berkarya. Itulah resep Diela untuk bisa menjadi seniman yang dikenal luas oleh publik. Pamor Diela tidak hanya cemerlang di dalam, tetapi juga di luar negeri. Untuk bisa terus berkarya, bekal utama Diela adalah passion. ’’Jujur dan melakukan hal-hal yang kita sukai secara passionate,’’ jelas seniman yang sebelumnya adalah mahasiswi jurusan akuntansi tersebut.

Dengan terus berkarya, menurut Diela, reputasi yang melekat pada dirinya juga otomatis terjaga. Selama publik masih bisa menikmati karyanya, selama itu pula dia akan eksis. Karya-karyanya juga menjadi media untuk memperpanjang umurnya sebagai ilustrator.

Kesempatan bagi sesama ilustrator, menurut Diela, terbuka. Pada era digital seperti sekarang, siapa pun bisa memamerkan karyanya di jagat maya untuk kemudian diuji kualitasnya. Diela yang belajar menggambar secara otodidak menyebut seniman-seniman Indonesia sangat versatile. Kualitasnya juga tidak kalah oleh seniman dari negara lain. ’’Yang diperlukan hanya konsistensi dalam berkarya karena enggak ada yang instan,’’ tandas Diela.

Ilustrasi bertajuk herstory #25 pada medsos Diela. (IG DIEALMAHARANIE)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : wan/c14/hep

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads