alexametrics

Soak dari Regu Kerja Didi Petet

11 Mei 2020, 23:32:39 WIB

JawaPos.com – Regu Kerja Didi Petet menggelar Sahur on Akting atau Soak yang menawarkan pengetahuan-pengetahuan di sekitar panggung pertunjukan teater. Soak yang mulai ditayangkan daring bulan lalu menampilkan beragam tema menarik dengan narasumber berbeda-beda tidap edisinya. Ada tema tentang penyutradaraan, juga tata cahaya panggung yang tak banyak diketahui awam. Program ini dilaksanakan daring melalui Zoom.

’’Soak menjadi cara kami untuk tetap berkarya di tengah kondisi saat ini yang serba terbatas,’’ kata Almanzo Konoralma dari Regu Kerja Didi Petet. Dalam Soak, publik dapat bertanya dengan bebas tentang bagaimana proses sebuah karya hadir di atas panggung. Baik panggung konvensional maupun pentas daring seperti yang kini tengah marak. Soak juga menawarkan bagi-bagi pengalaman panggung dari para pandega Regu Kerja Didi Petet.

Pada tema penyutradaraan, Soak menghadirkan Bejo Sulaktono sebagai narasumber. Salah satu pengajar di jurusan teater Institut Kesenian Jakarta tersebut membagikan pengetahuannya tentang bagaimana seorang sutradara bekerja jauh sebelum lampu panggung menyorot para aktor. Edisi ini memantik diskusi tentang seluk beluk mewujudkan gagasan sutradara kepada sebuah naskah saat berhadapan dengan tantangan-tantangan pemanggungan. Bersama Bejo Sulaktono, Joko Nugroho juga hadir sebagai narasumber.

Regu Kerja Didi Petet adalah sekumpulan seniman yang banyak terlibat di belakang panggung pementasan Sena Didi Mime. Mereka bukan sekadar kelompok yang melulu mengurusi teknis produksi pertunjukan. Sebagian besar dari mereka adalah aktor andalan kelompok pantomime tertua di Indonesia yang masih eksis itu. Di luar Sena Didi Mime, mereka juga banyak terlibat dalam produksi-produksi pertunjukan panggung hingga film. (tir)

 

 

Editor : tir



Close Ads