alexametrics

Forum Aktor Yogyakarta Pentaskan Pamit Ronda

9 Maret 2020, 13:11:37 WIB

JawaPos.com – Forum Aktor Yogyakarta (FAY) dijadwalkan naik panggung dalam Parade Teater Yogyakarta LINIMASA #3 Kepingan Memori pekan ini di Taman Budaya Yogyakarta. Mereka membawakan naskah dalam Bahasa Jawa berjudul Pamit Ronda karya Erlina Rakhmawati. Naskah tersebut pernah dibawakan Kulawarga Swarabawa dalam bentuk drama radio dengan sutradara Jujuk Prabowo dan Landung Simatupang pada 2019 lalu.

’’Teman-teman FAY sebelumnya pernah membacakan naskah ini,’’ kata Verry Handayani, Sutradara Pamit Ronda. Pada pementasan Pamit Ronda, naskah drama radio tersebut mengalami alih wahana. Dari yang mulanya hanya ditujukan kepada apresiator lewat indra pendengar menjadi peristiwa panggung. Unsur-unsur di luar pengindraan telinga dengan sendirinya menjadi penting.

Dalam Pamit Ronda, Verrry didukung oleh Febrianus Anggit dan Arya Surya Pratama dalam tata artistik. Lalu, Ratno Hermanto dipercaya menjadi penata cahaya dan kostum oleh Astrilinda Purnomo, sementara musik digawangi Orkes Keroncong Kembang Kempis. Para pemain adalah Alex Suhendra, Febrinawan Prestianto, Theresia Wulandari, M. Dinu Imasyah, Wisnu Yudha Wardana, Siti Fauziah, Joanna Dyah, Nunung Puspitasari, Veronika Erlina, dan Ana Maria Tyalaksita.

Lakon ini bercerita tentang ibu-ibu sebuah kampung yang harus memamitkan para suaminya absen di pos ronda. Situasi menjadi pelik kala mereka kemudian justru menjadi orang-orang yang mesti meronda. Pamit Ronda dijadwalkan naik panggung pada hari terakhir Parade Teater Yogyakarta LINIMASA #3 Kepingan Memori yang berlangsung 11-12 Maret 2020. Selain FAY, acara yang dipusatkan di concert hall Taman Budaya Yogyakarta ini juga menghadirkan IB Creative Arts, Sanggar Suto, dan Teater Puspanegara. (tir)

 

Editor : tir



Close Ads