alexametrics

Menyikapi Masa Pandemi A la Farid Stevy

5 Mei 2020, 20:43:26 WIB

JawaPos.com – Keharusan melakukan physical distancing di tengah pandemi Covid-19 direspons oleh beberapa seniman dengan cara-cara kreatif. Salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan Farid Stevy, seorang pekerja kreatif yang berdomisili di Jogjakarta.

Pada 22 hingga 27 April 2020 bulan lalu, Farid Stevy menggelar sebuah acara bertajuk  Distancing Festival: Farid Stevy 120 Jam. Kegiatan ini diklaim merupakan festival daring pertama yang sukses digelar di tengah wabah Korona.

Farid melangsungkan berbagai kegiatan kreatifnya lewat moda online seperti internet, Instagram, YouTube, dan Zoom. Gagasan tersebut berhasil dilaksanakan Farid dalam berbagai program sepertiArt Making, Live Talks, Creative Class, Affordable Art dan Creative Challenge & Competition.

“Saya melihat banyak teman-teman yang melakukan kegiatan solidaritas penanganan Korona. Saya respek sekali, namun saya juga ingin menawarkan bahwa bikin festival juga bisa lho,” terang Farid dalam keterangan yang diterima JawaPos.com.

Dimulai dari Creative Class, yakni program kelas kreatif dipandu langsung oleh Farid secara santai dan interaktif. Berbagai kelas dilangsungkan seperti Band Branding, Art Mechandising, Personal Branding, dan Lyric Writing melalui aplikasi Zoom.

Salah satu kegiatan Distancing Festival: Farid Stevy 120 Jam (Farid Stevy)

Dalam kelas Art Making, Farid menyelesaikan 4 karya gambar yang ia unggah di akun Instagram @faridstevy dan dilelang kepada penawar tertinggi. Semua karya terjual dan terkumpul dana sebesar Rp.4.425.000,00.

Jumlah seluruhnya disumbangkan melalui berbagai akun solidaritas penanganan wabah Covid-19, diantaranya Peradaban Berbagi, BEM UPD, Hampers for Charity, Dapur Aksi Berbagi, dan Jogja Lawan Corona. Selain sebagai bentuk solidaritas dan upaya kontribusi sosial, program ini merupakan kampanye Farid dalam ranah seni rupa dengan pesan bahwa seni itu mudah dan siapapun bisa mengoleksi karya seninya.

Beberapa narasumber kenamaan yang juga pekerja seni ikut memeriahkan festival ini di segmen Talkshow. Beberapa nama diantaranya adalah Iga Massardi, Rio Dewanto, Jimi Multhazam, dan Jason Ranti. Beberapa pembicara lain yang ikut hadir adalah Angga Sasongko, Luna Maya dan Chicco Jerikho.

Gelar wicara memuat beragam topik perbincangan, dari informasi mutakhir para narasumber di masa menjalani pandemi, obrolan-obrolan kreatif dari masing-masing tamu yang menghasilkan gagasan menarik, ide segar, juga terjadi kolaborasi.

Seluruh rangkaian acara Distancing Festival: Farid Stevy 120 Jam sendiri sudah terdokumentasi dengan rapi di akun YouTube Farid Stevy.

Editor : Banu Adikara



Close Ads